Diduga Rem Blong, Bus Peziarah Tabrak Rumah di Ciamis, 4 Orang Tewas

Kompas.com - 22/05/2022, 08:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kecelakaan maut yang melibatkan bus kembali terjadi. Kali ini melibatkan bus yang mengakut peziarah di Tanjakan Balas, Kampung Paripurna, Desa Payungsari, Kecamatan Panumbangan, Kabupaten Ciamis, Sabtu (21/5/2022).

Bus tersebut diketahui menabrak tiga rumah, satu warung dan sejumlah sepeda motor di lokasi kejadian.

Salah satu warga yang berada di tempat kejadian mengatakan, kejadian bermula ketika bus datang dari arah Panjalu menuju Suryalaya, Kabupaten Tasikmalaya. Di jalan menurun, diduga rem bus blong dan menabrak sejumlah kendaraan.

“Kayaknya rem blong,” ucap warga yang enggan disebutkan namanya, dikutip dari Kompas.com, Sabtu (21/5/2022).

Baca juga: Kenapa Tuas Sein Mobil Jepang dan Eropa Beda Posisi?

Akibat kejadian ini, 4 orang dilaporkan meninggal dunia, sementara 48 penumpang lainnya mengalami luka-luka.

Bicara soal rem blong, memang lebih umum terjadi pada kendaraan komersial seperti bus atau truk yang dipaksa kerja terus menerus tanpa diperhatikan kesehatan komponennya.

Dalam kasus ini, pengemudi bus tentu memiliki tanggung jawab yang besar dalam menjaga keselamatan penumpangnya. Jika pengemudi merasa bus yang dikemudikannya mengalami rem blong, ada beberapa cara menyikapinya.

Jusri Pulubuhu, Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) menjelaskan, bagaimana sikap yang harus dilakukan pengemudi bus jika dirasa kendaraannya mengalami rem blong.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Andre Li (@andreli_48)

“Ada langkah-langkahnya, pertama jangan panik, pastikan remnya blong. Ketika remnya blong, gunakan rem lain, seperti retarder, exhaust brake atau engine brake,” ucap Jusri.

Menurut Jusri, bus memiliki dua jenis rem, pertama yaitu rem utama atau service brake yang ada di kaki. Kemudian ada rem pembantu, yaitu exhaust brake atau rem knalpot dan retarder yang keduanya berfungsi untuk membantu rem utama.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.