Kompas.com - 17/05/2022, 17:44 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.comKawasaki Motor tengah menyiapkan motor supersport terbaru, Ninja XZ-6R yang meluncur pada tahun 2023. Motor gede (moge) ini bakal hadir dengan fitur dan tampilan baru yang lebih segar dari sebelumnya.

Pasar motor supersport kelas 600 cc 4 silinder saat ini memang sudah tidak terlalu ramai, akibat aturan emisi EURO 5 yang terbilang ketat.

Pesaingnya yang terkenal antara lain adalah Yamaha YZF-R6, Honda CBR600RR, serta Suzuki GSX-R600.

Baca juga: Catat, Ini 13 Ruas Jalan di Jakarta yang Kena Ganjil Genap

Kawasaki ZX-6RRIDEAPART.com Kawasaki ZX-6R

Meski sudah tidak lagi beredar di pasar Eropa, Kawasaki masih menjual Ninja ZX-6R di beberapa negara yang masih memberlakukan EURO 4.

Dilansir dari Ride Apart (17/5/2022), secara spek mesin motor ini enggak berubah. Di atas kertas, ZX-6R mengusung mesin 636 cc 4 silinder inline DOHC berpendingin cairan dengan tenaga 127 tk dan torsi 52,1 lb-ft atau setara 70 Nm.

Sementara sasisnya menggunakan rangka twin-spar aluminium, suspensi depan upside-down Showa dan suspensi belakang monoshock uni-track juga masih dipertahankan.

Baca juga: Enggak Perlu ke Satpas, Begini Cara Perpanjang SIM Online

Kemudian sektor pengereman tetap sama, rem depan pakai kaliper radial dari Nissin dengan piringan lebar 310 mm dan cakram lebar 220 mm di belakang.

Lalu motor ini pakai pelek berukuran lebar yang dibalut ban 120/70-17 di depan dan dan belakang pakai ban 180/55-17.

Dari segi fitur, kini terdapat quickshifter, assist slipper clutch, traction control dan ABS sudah menjadi kelengkapan standar bawaan motor.

Baca juga: Toyota Innova Hybrid Dikabarkan Siap Meluncur

Kawasaki ZX-6RRIDEAPART.com Kawasaki ZX-6R

Sebagai motor ukuran besar, bobot ZX-6R mencapai 196 kg dengan total kapasitas tangki bensin 17 liter dan tinggi jok 830 mm.

Ninja ZX-6R tersedia dalam tiga pilihan warna, yaitu Metallic Matte Graphenesteel Grey, Metallic Matte Twilight Blue serta Lime Green KRT Edition.

Bicara soal harga, Kawasaki Ninja ZX-6R tersebut dibanderol dengan harga 10.699 dolar AS atau setara Rp 156 jutaan hingga 10.999 dollar AS atau setara Rp 160 jutaan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.