Kompas.com - 17/05/2022, 15:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengangkat wiper mobil saat parkir masih menjadi perdebatan yang menarik perihal merawat kendaraan.

Ada anggapan kalau wiper diangkat, karet akan lebih awet karena tidak dalam posisi menekan kaca. Oleh karena itu, usia pakai wiper bisa lebih lama dibanding tidak diangkat.

Lalu sebenarnya apa perlu mengangkat wiper saat mobil parkir?

Baca juga: Jangan Sembarang Isi Cairan Wiper

Deretan mobil baru selesai diservis yang diparkir dengan posisi wiper diangkat. Kompas.com/Alsadad Rudi Deretan mobil baru selesai diservis yang diparkir dengan posisi wiper diangkat.

Channel Marketing Officer Bosch Automotive Indonesia Maria Kayla Augusta mengatakan, wiper tidak perlu diangkat saat mobil diparkir dengan catatan karet wiper yang terpasang sudah berkualitas.

Ia menjelaskan, umumnya karet wiper yang beredar di pasaran sudah disesuaikan dengan iklim di Indonesia agar tidak mudah mengeras atau getas.

“Tidak perlu khawatir karet jadi getas atau lengket karena meleleh ke kaca depan mobil. Jadi tidak perlu lagi diangkat-angkat,” kata Kayla dalam agenda diskusi virtual, belum lama ini.

Baca juga: Toyota Innova Hybrid Dikabarkan Siap Meluncur

Kayla menjelaskan, ketika wiper diangkat ada risiko tersendiri yang bisa merusak komponennya. Misal, wiper tersenggol dan jatuh membentur kaca, hal ini yang bisa merusak per wiper serta kaca depan.

Selain itu, saat wiper diangkat, maka per wiper arm dalam posisi menegang, jadi komponennya bisa mudah rusak. Meski begitu, tetap upayakan untuk memarkir mobil di lokasi indoor, bukan di lahan terbuka demi usia pakai wiper yang lama.

Tidak lupa pilih karet wiper dengan kualitas yang baik. Segera ganti karet tersebut jika dirasa sudah mulai mengeras demi efektifitas kerja wiper menyapu permukaan kaca dengan baik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.