Kecelakaan Maut Elf di Karawang, Ingat Lagi Bahaya Mengantuk Saat Mengemudi

Kompas.com - 17/05/2022, 15:07 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini terjadi kecelakaan maut di Jalan Raya Klari-Cikampek, tepatnya di Tamelang, Purwasari, Karawang, Jawa Barat, Minggu (15/5/2022).

Kecelakaan tersebut melibatkan satu unit Elf, mobil pikap, dan sejumlah pengendara motor.

Kejadian bermula saat Elf ugal-ugalan dan melaju kencang dari arah Karawang menuju Cikampek. Tak lama kemudian, mobil Elf itu menabrak pembatas jalan dan melompat tinggi ke arah seberang jalan.

Saat itu, Elf menabrak belakang pikap yang ditumpangi sekitar 10 orang, dan menabrak 4 motor. Elf tersebut berhenti setelah motor yang ditabrak masuk ke kolong Elf.

Akibatnya, tujuh orang dinyatakan tewas dalam kecelakaan tersebut.

Baca juga: Pengendara Motor Wajib Pakai Helm SNI, Ini Spesifikasinya

Dikutip dari Kompas.com, Kepala Dusun Kaputren, Desa Putridalem, Kecamatan Jatitujuh, Kabupaten Majalengka, Yahya Sunarya mengatakan, saat mengendarai mobil tersebut, sopir Elf mengaku dalam keadaan mengantuk.

“Informasi yang saya terima itu ngantuk,” ucap Yahya, Senin (16/5/2022).

Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu kembali mengingatkan, bahwa berkendara dalam keadaan mengantuk sama bahayanya seperti dalam kondisi mabuk.

“Jangan pernah memaksakan, lebih baik berhenti sebentar untuk menghilangkan rasa kantuk tersebut. Sebab, otak terlambat memberikan tanggapan akan tangkapan indera kita. Ketika dalam kondisi berkendara, tidak fokus selama beberapa detik saja bisa berakibat fatal,” ujar Jusri.

Seorang pria mengantuk saat sedang mengemudi di dalam mobil. Kondisi ini disebut dengan istilah carcolepsy.monstArrr_/Unsplash Seorang pria mengantuk saat sedang mengemudi di dalam mobil. Kondisi ini disebut dengan istilah carcolepsy.

Menurut Jusri, kejadian yang dapat dialami para pengemudi di jalan adalah gejala microsleep. Ini dapat menjadi tambahan pengetahuan bagi masyarakat, terutama bagi mereka yang hendak melakukan perjalan jauh.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.