Suzuki Ertiga Hybrid Siap Meluncur, Intip Bocoran Ubahannya

Kompas.com - 17/05/2022, 15:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) belum lama ini merilis teaser produk baru pada media sosialnya. Teaser berupa gambar siluet mobil tersebut diyakini adalah Ertiga Hybrid.

Ertiga Hybrid sendiri sebelumnya sudah meluncur duluan di India. Mobil ini memang memiliki dua basis produksi di dunia, yakni India dan Indonesia.

Baca juga: Bocoran Suzuki Ertiga Hybrid di Indonesia, Meluncur Bulan Depan

Terdapat beberapa ubahan minor yang dilakukan Suzuki pada Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) tersebut. Ubahannya ada pada eksterior, interior, maupun sektor mesinnya.

Suzuki Ertiga faceliftDok. Maruti Suzuki Suzuki Ertiga facelift

Bagian eksterior berubah sedikit pada desain grille. Desain pelek yang digunakan Ertiga Hybrid di India juga berbeda dengan Ertiga yang saat ini dipasarkan di Indonesia.

Untuk interior, terlihat joknya dilapisi dengan material fabric dengan model dual tone. Sementara pada dasbor dan door trim, terdapat ornamen kayu yang membuatnya tampil elegan.

Baca juga: Tembus Rp 160 juta, Harga Bekas Ertiga Diesel Mahal karena Langka

Sementara untuk fiturnya, sudah disematkan sistem infotainment SmartPlay Pro dengan layar sentuh berukuran tujuh inci.

Lalu, terdapat pula automatic climate control, paddle shift, cruise control, engine start-stop button with smart key, height-adjustable driver seat, dan Suzuki Connect.

Interior Suzuki Ertiga faceliftDok. Maruti Suzuki Interior Suzuki Ertiga facelift

Pada tipe tertinggi, Ertiga Hybrid dilengkapi dengan empat airbag, dua di dasbor dan setir, serta dua lainnya di jok depan.

Untuk sektor mesin, Ertiga terbaru dibekali dengan mesin bensin 1.5 L DualJet, Dual VVT. Mesin tersebut dipadukan dengan dua opsi sistem transmisi, yakni manual 5-percepatan dan torque converter automatic 6-percepatan.

Interior Suzuki Ertiga faceliftDok. Maruti Suzuki Interior Suzuki Ertiga facelift

Untuk India, Suzuk Ertiga menggunakan mesin berkode K15C dengan teknologi Smart Hybrid. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga hingga 101,6 Tk pada 6.000 rpm dan torsinya mencapai 136,8 Nm pada 4.400 rpm.

Suzuki Connect pada Ertiga faceliftDok. Maruti Suzuki Suzuki Connect pada Ertiga facelift

Harold Donnel, Head of 4W Brand Development & Marketing Research PT SIS, mengatakan, pihaknya juga sudah berencana untuk meluncurkan produk elektrifikasi di Indonesia.

Suzuki Ertiga faceliftDok. Maruti Suzuki Suzuki Ertiga facelift

Teknologi Smart Hybrid tersebut juga sudah dipamerkan pada ajang pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022, beberapa waktu lalu.

"IIMS sebagai ajang kita untuk sosialisasi bahwa kita punya teknologi baru. Selain itu, baik itu dari pemerintahan atau komentar orang-orang Suzuki di IIMS, memang kita berkomitmen tahun ini pasti akan meluncurkan produk elektrifikasi kita," ujar Harold, saat dihubungi Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.