Kompas.com - 14/05/2022, 10:42 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com – Sebagai pengendara motor, melewati berbagai medan jalan yang ekstrim menjadi tantangan tersendiri. Jalan berbatu kerap harus dilalui oleh pengendara kendaraan roda dua.

Kendati sudah mahir mengendarai motor, namun jika tidak memilki teknik yang tepat saat melewati jalan berbatu akan berbahaya.

Mengendarai motor di jalan berbatu akan lebih rumit dari jalan rata apabila tidak memiliki cara yang kuat.

Baca juga: Area Car Free Day Solo Diperluas, Ada Pengalihan Rute Bus Solo Trans


Manager Safety Riding Astra Honda Motor (AHM) Johanes Lucky menyebutkan jika ada tiga hal yang harus diperhatikan pengendara motor saat melawati jalan berbatu kasar.

"Pertama kurangi kecepatan, kemudian kuncinya ialah di setang untuk menjaga keseimbangan. Pengoperasian setang harus dipegang secara kuat," kata Lucky kepada Kompas.com.

Yamaha WR 155R Fun Riding Competition di Bukit Hambalang, Sentul, BogorDOK. YIMM Yamaha WR 155R Fun Riding Competition di Bukit Hambalang, Sentul, Bogor

Pengendara motor harus memegang grip setang kemudi tepat di tengah. Hal ini agar tangan mudah menjangkau instrumen kemudi di setang. Pastikan telapak tangan tidak terlalu ke dalam atau ke luar setang motor.

Kemudian, jangan lupa untuk selalu menggunakan rem belakang. Rem belakang lebih halus dari rem depan sheingga tidak akan menimbulkan gaya spontan begitu melewati jalan berbatu.

Baca juga: Mitos Atau Fakta, Asap Rokok Bikin AC Mobil Rusak?

Lakukan postur mengendarai motor seperti biasa yang mana tangan tetap menekuk jangan lurus. Posisi tersebut agar tangan rileks dan tidak mudah lelah. Terakhir, lakukan sikap berdiri saat merasakan goncangan.

"Posisi berdiri itu ujung telapak kaki mengerah ke depan jangan terlalu terbuka (ke samping). Kalau motornya tipe sport, kaki (paha) menjepit tangki untuk menjaga keseimbangan," kata Lucky.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.