Cara Aman Mengendarai Motor di Jalan Berlubang

Kompas.com - 14/05/2022, 10:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Berkendara di jalan raya tidak selamanya mulus, masih banyak permukaan rusak yang mau tidak mau harus dilalui. 

Saat melintasi jalan yang berlubang, pengendara sepeda motor memerlukan teknik dasar berkendara yang baik dan benar. Hal ini agar perjalanan tetap aman saat melewati kondisi jalan tersebut.

Baca juga: Hasil FP2 GP Perancis, Enea Jadi yang Tercepat

Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora (DAM) Ludhy Kusuma Robby mengatakan ada beberapa hal yang harus diperhatikan pengendara motor ketika melalui jalanan berlubang.

"Pastikan ketika melewati jalanan tersebut pengendara harus berada dalam keadaan kecepatan yang sesuai dengan kondisi jalan," ujar Ludhy kepada Kompas.com.

JATIM - Pemkot Malang Kehabisan Anggaran, Perbaikan Jalan Berlubang Belum MerataKOMPAS.com/ Nugraha Perdana JATIM - Pemkot Malang Kehabisan Anggaran, Perbaikan Jalan Berlubang Belum Merata

Lalu, gunakan selalu kecepatan yang rendah dalam keadaan jalan seperti ini dan selalu melihat speedometer untuk menjaga kecepatan kendaraan agar tetap dalam batas kecepatan wajar.

Ludhy menjelaskan, jika cara tersebut bertujuan mengurangi guncangan yang diterima oleh motor dan badan pengendara. Apabila terlalu besar, maka pengendara motor rentan mengalami kecelakaan.

Baca juga: Cara Mudah Hilangkan Kotoran Burung Menempel di Bodi Mobil

Bukan hanya itu, tapi penglihatan juga harus fokus pada arah tujuan ketika berkendara. Kemudian, pastikan kendali setang lebih kuat agar motor bisa terkendali dengan baik ketika melewati jalan yang berlubang.

”Jangan lupa untuk selalu menggunakan riding gear yang aman dan nyaman agar mengurangi resiko cedera ketika mengalami kecelakaan. Sebelum berkendara, pastikan menggunakan selalu helm, jaket, dan masker saat berkendara untuk selalu aman,” kata Ludhy.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.