Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspada, Getah Pohon Bisa Rusak Cat Mobil

Kompas.com - 13/05/2022, 18:41 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com— Memiliki mobil mulus dan terawat menjadi dambaan semua orang. Namun, cat mobil mudah terluka atau tergores kerap terjadi kepada semua jenis kendaraan.

Mulai dari benturan hingga cara perawatan yang salah menjadi penyebab cat mobil mudah rusak. Tidak hanya itu saja, getah pohon juga dipercaya dapat merusak kilauan cat mobil.

Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Suparna mengatakan, getah pohon bisa bersifat merusak cat jika sampai menempel pada bodi mobil.

Baca juga: Honda HR-V Terbaru Tabrakan Beruntun dengan 8 Mobil, Ini Kronologinya

“Beberapa jenis pohon yang getahnya itu sangat jahat, kalau sudah menempel bisa masuk sampai ke pori-pori. Meskipun sudah dipoles tetap saja masih ada bekasnya,” kata Suparna kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Cat mobil yang rusak tentunya akan membuat pemilik mobil menggelontorkan dana yang tidak sedikit guna perbaikan. Namun jika dibiarkan akan merusak tampilan mobil.

Akan tetapi masih banyak pemilik mobil yang menyepelekan potensi kerusakan cat mobil yang disebabkan karena ganasnya getah pohon.

Nur Kholis (30), eks TKI yang kini memilih buka usaha salon mobil di Desa Ngumbul, Kecamatan Todanan, Kabupaten Blora, Minggu (30/5/2021)KOMPAS.COM/ARIA RUSTA YULI PRADANA Nur Kholis (30), eks TKI yang kini memilih buka usaha salon mobil di Desa Ngumbul, Kecamatan Todanan, Kabupaten Blora, Minggu (30/5/2021)

Hingga saat ini tidak sedikit pemilik mobil yang memarkirkan kendaraannya di bawah pohon. Padahal, getah pohon jenis tertentu tidak bisa dihilangkan meski sudah dipoles akan tetap meninggalkan bekas.

Sementara itu, Kepala Bengkel Body & Paint Auto2000 Sunter Yuly Kridiawan mengatakan getah pohon bersifat asam yang bisa merusak cat mobil.

Baca juga: Polisi Tegaskan Odong-odong Dilarang Beroperasi di Jalan Raya

“Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan dengan air hangat dan dibasuh perlahan-lahan. Kemudian berikan lapisan wax pada permukaan untuk menghilangkan noda yang membekas,” kata Yuly kepada Kompas.com.

Jika sudah dipoles masih ada noda getah yang membekas, maka cara terakhir yaitu melakukan pengecatan. Hal ini bisa dilakukan untuk mencegah kerusakan cat mobil yang lebih parah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com