Latihan Mengendarai Motor, Jangan di Jalan Raya

Kompas.com - 13/05/2022, 09:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sama seperti mengendarakan kendaraan roda empat atau mobil, sebelum mengendarakan sepeda motor seseorang juga perlu berlatih terlebih dahulu.

Ada beberapa opsi yang bisa dipilih untuk berlatih sepeda motor, walaupun lebih terbatas tidak seperti mobil yang banyak tempat kursusnya. Salah satunya adalah dengan mencari tempat yang lapang atau kosong.

Namun, masih ada pengendara yang abai dan nekat berlatih di jalan raya. Padahal, perilaku ini sangat berbahaya bagi pengendara maupun pengguna jalan yang lain.

Baca juga: Belajar dari Kecelakaan Maut di Boyolali, Ingat Bahaya Naik Odong-odong di Jalan Raya

Seperti yang terekam pada unggahan akun Instagram @dashcam_owners_indonesia. Terlihat seorang pengendara motor melaju dari arah jalan raya, hampir kehilangan keseimbangan dan hampir menabrak mobil.

Berdasarkan keterangan, dikatakan bahwa pengendara motor tersebut masih latihan atau belum mahir mengendarakan sepeda motor. Beruntung, mobil menghentikan lajunya sehingga pengendara sepeda motor tersebut tidak tertabrak.

Berlatih kendaraan bermotor tidak bisa dilakukan sembarangan. Head of Safety Riding Promotions Wahana Agus Sani menjelaskan, tempat pelatihan motor umumnya memiliki area khusus, berbeda dengan lembaga kursus atau pelatihan mengemudikan kendaraan roda empat.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dash Cam Owners Indonesia (@dashcam_owners_indonesia)

"Untuk motor, tempat pelatihan yang resmi saat ini adalah yang dimiliki oleh Honda, ada 9 tempat di 9 kota besar yang bisa dikunjungi untuk melakukan pelatihan berkendara," ucap Agus pada Kompas.com, belum lama ini.

Lokasi-lokasi tempat pelatihan, lanjut Agus, bisa dilihat pada situs resmi Astra Honda Motor. Namun, sebenarnya tetap ada alternatif bagi pengendara motor yang tidak bisa mengunjungi tempat pelatihan.

Baca juga: Ini Sederet Keunggulan yang Bikin New Pajero Sport Laku Keras di Tanah Air

Agus menyarankan pengendara sepeda motor untuk berlatih di tempat yang luas dan lapang. Ini akan lebih meminimalisir potensi kecelakaan untuk si pengendara, dan juga tidak membahayakan orang lain.

"Yang terpenting adalah harus mengetahui cara berkendara yang aman, serta paham proses-proses untuk mengendarai kendaraan. Serta, mengetahui fungsi-fungsi dan instrumen yang ada pada kendaraan yang akan dipelajarinya," ucap Agus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.