Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Demonstrasi, Polisi Siapkan Rekayasa Lalu Lintas di Bundaran Patung Kuda

Kompas.com - 13/05/2022, 08:12 WIB
Dio Dananjaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, bakal menjadi tempat berkumpulnya mahasiswa yang akan menyelenggarakan aksi atau demontrasi pada hari ini.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengerahkan ratusan personel disiapkan guna mengamankan aksi demo buruh dan mahasiswa di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat.

Sejumlah elemen buruh hingga mahasiswa akan berunjuk rasa memperingati May Day di Patung Kuda, Jakarta Pusat, pada Kamis-Jumat (12-13/5/2022).

Baca juga: Mau Beli Yamaha Fazzio 125, Siapkan Cicilan Mulai Rp 738.000 per Bulan

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh TMC Polda Metro Jaya (@tmcpoldametro)

“Hari ini ada dua elemen massa yang akan turun melaksanakan aspirasinya di Patung kuda, yang pertama elemen dari massa buruh dari SPN dan KSPSI dan yang satu lagi dari mahasiswa khususnya Trisakti akan merayakan hari reformasi,” ujar Sambodo, dilansir dari NTMC Polri (12/5/2022).

“Nanti mereka akan kita tempatkan di Bundaran Patung kuda, khususnya di depan Gedung Sapta Pesona sampai Bundaran Patung Kuda,” kata dia.

Sambodo juga mengatakan, penutupan jalan di lokasi aksi bersifat situasional. Lalu lintas akan ditutup dengan mempertimbangkan eskalasi massa.

Baca juga: Biaya Resmi Perpanjangan SIM A per Mei 2022

“Kalau misalnya massanya di bawah 2.000 itu Bundaran belum ditutup, jadi hanya kita atur saja di Bundaran. Tapi kalau massa cukup banyak dan menutup Bundaran maka pengalihan akan kita laksanakan,” ucap Sambodo.

Meski begitu, polisi tetap menyiapkan rekayasa lalu lintas. Beberapa akses jalan seperti Jalan Kebon Sirih, Jalan Budi Kemuliaan dan Kedubes Amerika Serikat menuju Patung Kuda akan ditutup apabila eskalasi massa meningkat da berpotensi menimbulkan kemacetan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com