Ada Demonstrasi, Polisi Siapkan Rekayasa Lalu Lintas di Bundaran Patung Kuda

Kompas.com - 13/05/2022, 08:12 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, bakal menjadi tempat berkumpulnya mahasiswa yang akan menyelenggarakan aksi atau demontrasi pada hari ini.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengerahkan ratusan personel disiapkan guna mengamankan aksi demo buruh dan mahasiswa di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat.

Sejumlah elemen buruh hingga mahasiswa akan berunjuk rasa memperingati May Day di Patung Kuda, Jakarta Pusat, pada Kamis-Jumat (12-13/5/2022).

Baca juga: Mau Beli Yamaha Fazzio 125, Siapkan Cicilan Mulai Rp 738.000 per Bulan

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh TMC Polda Metro Jaya (@tmcpoldametro)

“Hari ini ada dua elemen massa yang akan turun melaksanakan aspirasinya di Patung kuda, yang pertama elemen dari massa buruh dari SPN dan KSPSI dan yang satu lagi dari mahasiswa khususnya Trisakti akan merayakan hari reformasi,” ujar Sambodo, dilansir dari NTMC Polri (12/5/2022).

“Nanti mereka akan kita tempatkan di Bundaran Patung kuda, khususnya di depan Gedung Sapta Pesona sampai Bundaran Patung Kuda,” kata dia.

Sambodo juga mengatakan, penutupan jalan di lokasi aksi bersifat situasional. Lalu lintas akan ditutup dengan mempertimbangkan eskalasi massa.

Baca juga: Biaya Resmi Perpanjangan SIM A per Mei 2022

“Kalau misalnya massanya di bawah 2.000 itu Bundaran belum ditutup, jadi hanya kita atur saja di Bundaran. Tapi kalau massa cukup banyak dan menutup Bundaran maka pengalihan akan kita laksanakan,” ucap Sambodo.

Meski begitu, polisi tetap menyiapkan rekayasa lalu lintas. Beberapa akses jalan seperti Jalan Kebon Sirih, Jalan Budi Kemuliaan dan Kedubes Amerika Serikat menuju Patung Kuda akan ditutup apabila eskalasi massa meningkat da berpotensi menimbulkan kemacetan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.