Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ladies, Jangan Pakai High Heels Saat Berkendara Motor

Kompas.com - 12/05/2022, 18:31 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com— Alas kaki pengendara sepeda motor haruslah mendukung untuk aktivitas berkendara. Bagi pengendara kendaraan roda dua, alas kaki menjadi salah satu perangkat pengaman yang penting saat berkendara.

Alas kaki akan melindungi kaki dari cedera dan memberikan kenyamanan selama berkendara di jalan raya. Maka dari itu, pengendara motor harus lebih cermat saat memilih jenis alas kaki.

Akan tetapi, masih banyak pengendara motor wanita yang menggunakan sepatu dengan hak tinggi atau high heels.

Sepatu high heels sebenarnya dapat menimbulkan bahaya ketika digunakan mengendarai motor.

Baca juga: Lalu Lintas Jakarta Sudah Normal Lagi, Mulai Macet di Jam Sibuk

“Kalau menggunakan high heels bisa berbahaya, berdiri menggunakan high heels saja kadang suka hilang keseimbangan apalagi kalau naik motor,” kata Training Director SAfety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana kepada Kompas.com beberapa waktu yang lalu.

Menurut Sony saat mengendarai motor, pengendara harus menahan berat dan keseimbangan motor. Keseimbangan ini sangat penting ketika motor berhenti di lampu merah atau tempat yang lainnya.

Ilustrasi pengendara motor wanitaSHUTTERSTOCK Ilustrasi pengendara motor wanita

“Dengan heels tinggi tapak kaki posisinya jinjit, sementara kaki turun saat stop and go tapak kaki harus rata,” kata Sony.

Saat menggunakan sepatu high heels, pengemudi motor wanita akan labil dan tidak seimbang menopang tubuh. Sepatu berhak tinggi kaki tidak akan menapak secara sempurna kendati dalam posisi rata. 

Baca juga: Suku Bunga BI Naik, Gaikindo Sebut Industri Otomotif Masih Aman

Kondisi ini tentunya juga bisa menimbulkan bahaya karena keseimbangan juga tidak bisa sempurna seperti ketika menggunakan sepatu datar atau berhak rendah.

“Pengendara juga harus menahan berat serta keseimbangan motornya, dan kadang kan wanita takut kalau heelsnya rusa sehingga berpijaknya tidak sempurna,” kata Sony.

Untuk itu, Sony menyarankan agar pengendara sepeda motor memilih jenis sepatu yang sesuai demi keselamatan berkendara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com