Mau Beli Yamaha Fazzio? Indennya sampai 2 Bulan

Kompas.com - 11/05/2022, 14:43 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Berstatus motor hibrida, Yamaha Fazzio Hybrid-Connected sukses mencuri perhatian masyarakat. Bahkan, inden skutik entry level ini terus mengular.

Salah satu konsumen awal Fazzio asal Bogor, ARK, menceritakan inden lama yang mesti dirasakan untuk menunggu motor bergaya retro modern itu untuk bisa sampai ke garasi.

"Waktu itu saya beli Januari 2022. Ketemu pameran dan ingin beli Fazzio karena sudah incar. Saya beli cash, dari Januari booking itu bilangnya seminggu sampai sebulan, tapi saya baru terima unit tengah Maret, jadi kurang lebih dua bulan," kata ARK kepada Kompas.com, Rabu (11/5/2022).

Baca juga: Arus Balik di Gerbang Tol Kalikangkung Lebih Ramai Ketimbang Arus Mudik

Yamaha Fazzio Hybrid - Connected.
KOMPAS.com/Adityo Wisnu Yamaha Fazzio Hybrid - Connected.

Selain inden yang cukup lama, kata ARK, unit yang diterimanya juga beda dari booking. Awalnya dia memesan Fazzio Neo warna hijau, tetapi karena inden lama ditawarkan warna lain.

"Saya masuk uang unit itu Rp 1 juta. Nunggunya 2 bulan. Inden yang diterima kan saya pesan warna hijau karena rekomendasi teman-teman, di bulan Maret saya dapat kabar hijau tidak ada, adanya pilihannya hitam, merah, atau putih, itu pun putih cuma satu. Akhirnya konsultasi sama teman, akhirnya opsinya ambil warna putih," katanya.

"Kemudian masih berlanjut. Sudah terima unit, tanda tangan barang dikirim, STNK dan BPKB belum dong. Unit saya terima Maret, surat-surat baru keluar pada 28 April, jadi sebulan lagi nunggunya," katanya.

Baca juga: Sedang Pamer Mesin, Motor Pemuda Ini Malah Terbakar

Fazzio Owner Club Indonesia (FOCI)Foto: Yamaha Fazzio Owner Club Indonesia (FOCI)

Merujuk kasus yang terjadi pada dirinya, ARK merasa saat ini pembelian sepeda motor bakal lama jika konsumen bayar tunai. Sebab, stok yang ada dialihkan untuk pembeli kredit.

"Apalagi saya beli cash. Enggak tahu ya, tapi jadi agak lebih sulit zaman sekarang kalau cash, karena mungkin orang lebih mengutamakan ketersediaan unit untuk yang kredit," katanya.

Berdasarkan kasus tersebut, Kompas.com bertanya kepada salah satu sales Yamaha di Jakarta Timur. Wiraniaga tersebut mengiyakan bahwa sampai sekarang Fazzio masih inden.

"Inden. Tapi, Mas mau kredit atau cash? Kalau kredit diproses dulu saja," kata wiraniaga tersebut.

Baca juga: Arus Balik di Gerbang Tol Kalikangkung Lebih Ramai Ketimbang Arus Mudik

Pengunjung IIMS 2022 melakukan test ride Yamaha FazzioDok. YIMM Pengunjung IIMS 2022 melakukan test ride Yamaha Fazzio

Bahkan, wiraniaga tersebut tidak bisa memastikan berapa lama inden yang dibutuhkan. Sebab, alokasi dari Yamaha ke dealer tersebut baru akan datang pada 20 Mei 2022.

"Alokasi dari Yamaha ke dealer baru tanggal 20 (Mei). Inden juga. Karena dijatah, tiap supervisor dapat berapa unit," kata wiraniaga tersebut.

Hal tersebut juga terjadi di wilayah Depok, Jawa Barat. Beberapa diler yang dihubungi Kompas.com mengatakan belum dapat memastikan berapa lama inden Fazzio.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.