Sedang Pamer Mesin, Motor Pemuda Ini Malah Terbakar

Kompas.com - 11/05/2022, 14:01 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Beredar di media sosial video sepeda motor terbakar tak lama usai sang pemilik motor menyalakan mesin. Terlihat api membesar dari bagian mesin.

Awalnya saat mesin menyala tidak timbul api, tapi mesin tidak langsam. Sang pemilik yaitu pemuda yang bertelanjang dada itu kemudian menghidupkan lagi dan "blayer" gas.

Baca juga: Jangan Menyepelekan Oli Mobil Cepat Berkurang Pasca-Liburan

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by smartgram (@smart.gram)

 

Baru beberapa detik dinyalakan tiba-tiba muncul api dari mesin. Mengutip akun instagram smart gram, kejadian tersebut ditengarai terjadi di dalam rumah.

Untuk diketahui, motor terbakar bukan pertama kali terjadi, untuk itu pemilik mesti selalu waspada dan mengetahui apa saja yang bisa menjadi penyebab motor terbakar.

Kepala Bengkel Honda Bintang Motor Cinere Ribut Wahyudi mengatakan, salah satu penyebab terjadi kebakaran karena adanya rembesan bahan bakar pada tutup busi.

Baca juga: Mulai Rp 15 Jutaan, Cek Harga Nmax dan PCX Bekas Usai Lebaran

Motor terbakar di Rasuna Saidinstagram.com/jktinfo Motor terbakar di Rasuna Said

“Biasanya disebabkan karena adanya rembesan bahan bakar, sehingga jika terkena percikan api tidak lompat dari oleh koil ke busi, tapi keluar (ground) mesin. Sehingga terjadi kebakaran,” ujar Ribut saat dihubungi Kompas.com.

Ribut mengatakan, rembesan bisa terjadi karena banyak hal. Seperti ada kebocoran di jalur bensin ke karburator atau kebocoran lain yang belum terdeteksi.

“Menurut saya tidak ada faktor lain, penyebab motor terbakar yang paling utama karena adanya bahan bakar yang rembes atau bocor,” kata Ribut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.