Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sedang Pamer Mesin, Motor Pemuda Ini Malah Terbakar

Kompas.com - 11/05/2022, 14:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Beredar di media sosial video sepeda motor terbakar tak lama usai sang pemilik motor menyalakan mesin. Terlihat api membesar dari bagian mesin.

Awalnya saat mesin menyala tidak timbul api, tapi mesin tidak langsam. Sang pemilik yaitu pemuda yang bertelanjang dada itu kemudian menghidupkan lagi dan "blayer" gas.

Baca juga: Jangan Menyepelekan Oli Mobil Cepat Berkurang Pasca-Liburan

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by smartgram (@smart.gram)

 

Baru beberapa detik dinyalakan tiba-tiba muncul api dari mesin. Mengutip akun instagram smart gram, kejadian tersebut ditengarai terjadi di dalam rumah.

Untuk diketahui, motor terbakar bukan pertama kali terjadi, untuk itu pemilik mesti selalu waspada dan mengetahui apa saja yang bisa menjadi penyebab motor terbakar.

Kepala Bengkel Honda Bintang Motor Cinere Ribut Wahyudi mengatakan, salah satu penyebab terjadi kebakaran karena adanya rembesan bahan bakar pada tutup busi.

Baca juga: Mulai Rp 15 Jutaan, Cek Harga Nmax dan PCX Bekas Usai Lebaran

Motor terbakar di Rasuna Saidinstagram.com/jktinfo Motor terbakar di Rasuna Said

“Biasanya disebabkan karena adanya rembesan bahan bakar, sehingga jika terkena percikan api tidak lompat dari oleh koil ke busi, tapi keluar (ground) mesin. Sehingga terjadi kebakaran,” ujar Ribut saat dihubungi Kompas.com.

Ribut mengatakan, rembesan bisa terjadi karena banyak hal. Seperti ada kebocoran di jalur bensin ke karburator atau kebocoran lain yang belum terdeteksi.

“Menurut saya tidak ada faktor lain, penyebab motor terbakar yang paling utama karena adanya bahan bakar yang rembes atau bocor,” kata Ribut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com