Ganjil Genap Jakarta Kembali Diterapkan, Pelanggar Langsung Ditilang

Kompas.com - 11/05/2022, 13:23 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mengingatkan bahwa penindakan tilang terhadap pelanggar kebijakan ganjil genap di wilayah DKI Jakarta sudah berlaku kembali sejak Senin (9/5/2022).

Hal ini seiring dengan berakhirnya pembebasan kebijakan terkait setelah libur bersama pada periode 29 April 2022 sampai 6 Mei 2022 lalu.

"Setelah hari libur berakhir kita sudah aktifkan ganjil genap full, baik penindakan secara ETLE (elektronik) maupun manual," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, Selasa (10/5/2022).

Baca juga: Sudah Dibuka, Simak Jadwal Pelayanan SIM, BPKB, dan STNK Usai Lebaran

Ganjil Genap Jakarta DiperluasKOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Ganjil Genap Jakarta Diperluas

Ia pun mengatakan bila penindakan dalam bentuk tilang kepelanggaran ganjil genap diberlakukan kembali sesuai dengan Peraturan Gubernur DKI Jakarta.

Dalam pergub tersebut disebutkan ganjil genap tidak berlaku pada Sabtu, Minggu, dan libur nasional, sehingga setelah libur Lebaran berakhir tilang terhadap pelanggaran ganjil genap berlaku kembali.

"Pergub-nya jelas kebijakan tidak berlaku saat libur nasional dan Sabtu Minggu," ujarnya.

Terkait angka pelanggaran dalam dua hari pertama pemberlakuan tilang ganjil genap, Sambodo menyebut tidaklah bisa dijadikan bahan evaluasi dan akan dievaluasi setelah sepekan.

Baca juga: Ingat, Ganjil Genap DKI Jakarta Kembali Berlaku Besok Senin

Kondisi arus lalu lintas dari arah Sudirman menuju ke Bundaran HI terpantau ramai lancar pada Rabu (27/7/2016).Akhdi Martin Pratama Kondisi arus lalu lintas dari arah Sudirman menuju ke Bundaran HI terpantau ramai lancar pada Rabu (27/7/2016).

Pastinya, tercatat bahwa sudah ada kenaikan volume kendaraan setelah berakhirnya musim libur Lebaran 2022 yang berimbas pada terjadinya kepadatan arus lalu lintas di beberapa ruas jalan Jakarta.

Terkhusus, ketika pada jam sibuk pagi dan sore hari yakni sekitar pukul 07.00 WIB dan 17.00 WIB.

"Berdasarkan data kami, ditunjukkan bahwa hampir smeua pemudik telah kembali ke Jakarta dan sekarang masih hari pertama aktivitas normal," kata Sambodo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.