Pergerakan Penumpang Bus Periode Lebaran Tercatat 1,2 Juta Orang

Kompas.com - 06/05/2022, 08:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pergerakan orang mudik ke kampung halamannya masih tinggi sampai H2 Lebaran, Selasa (3/5/2022). Salah satu moda yang digunakan adalah dengan naik bus antarkota dan antarprovinsi (AKAP).

Berdasarkan data yang dihimpun Posko Angkutan Lebaran Terpadu tahun 2022, pergerakan arus mudik penumpang angkutan umum pada H2 Lebaran meningkat jika dibandingkan hari pertama Lebaran.

“Meski jumlahnya masih tidak sebesar pada puncak arus mudik, pergerakan arus mudik penumpang angkutan umum di hari kedua Lebaran kemarin masih cukup tinggi jika dibandingkan dengan hari biasa,” ucap Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati, dalam siaran resmi yang Kompas.com terima, Rabu (4/5/2022).

Baca juga: Bus Pariwisata Terbalik Saat Dipakai Mudik, Pengemudi Harus Tahu Medan


Adapun data sementara pergerakan penumpang untuk angkutan bus pada hari kedua Lebaran kemarin, sebanyak 143.361 penumpang. Jumlah tersebut meningkat dua kali lipat lebih, atau 128,4 persen, jika dibandingkan dengan hari biasa sebanyak 62.760 penumpang.

Baca juga: Jangan Sampai Terjebak, Ini Jadwal One Way dan Ganjil Genap Arus Balik

Secara kumulatif (H-7 sampai hari kedua Lebaran), jumlah pergerakan penumpang pada angkutan bus tercatat 1.209.227 penumpang.

Pergerakan paling padat tercatat di lima terminal, yakni Kertonegoro Ngawi, Ir. Soekarno Klaten, Giwangan Yogyakarta, Tirtonadi Solo, dan Purboyo Madiun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.