Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Polisi Sebut Ada Anomali di Mudik Lebaran 2022 | Jangan Sampai Terjebak, Ini Jadwal One Way dan Ganjil Genap Arus Balik

Kompas.com - 06/05/2022, 06:02 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com— Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan, mengatakan bahwa pergerakkan volume kendaraan musim mudik 2022 sangat berbeda dari Mudik Lebaran 2019.

Berdasarkan temuan dan pantauan arus mudik di lapangan, Aan mengatakan, jika sebelumnya pada hari raya terjadi penurunan, maka tahun ini pada hari H justru terjadi peningkatan.

“Pada 2019 saat H-1 dan hari H arus lalin sudah mulai lenggang. Sedangkan pada mudik tahun 2022 ini pada H-1 memang ada penurunan, namun pada hari H ada peningkatan volume kendaraan sampai 70.000 di Cikatama," katanya mengutip NTMC Polri, Kamis (5/5/2022).

Selain itu, Pemerintah memprediksi puncak arus balik Lebaran 2022 akan terjadi mulai dari 6 sampai 9 Mei 2022. Untuk itu sejumlah rekayasa lalu lintas kembali disiapkan.

Penerapan sistem ganjil genap, one way, contraflow, dan pembatasan kendaraan barang sumbu tiga ke atas bakal diterapkan sama seperti saat arus mudik.

Berdasarkan rencana awal, one way dan ganjil genap arus balik akan dimulai dari KM 414 atau Gerbang Tol Kalikangkung di Semarang, sampai Km 47 Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Selengkapnya, berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Kamis, 5 April 2022 :

1. Polisi Sebut Ada Anomali di Mudik Lebaran 2022

Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Aan SuhananFoto: NTMC Polri Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan

"Pada H+1 pun ada peningkatan, hingga hari ini berdasarkan pantauan arus kendaraan masih cukup deras. Namun kita sudah mengambil intervensi penambahan kapasitas contraflow hingga dua lajur,” katanya.

Berdasarkan data dari Jasa Marga tersebut, kata Aan, maka anomali tersebut juga akan terjadi pada saat arus balik.

Karena itu dia mengingatkan pada arus balik harus diantisipasi betul, jangan sampai lengah mengingat 700.000 lebih kendaraan sebelumnya tercatat mengarah ke timur.

Baca juga: Polisi Sebut Ada Anomali di Mudik Lebaran 2022

2. Jangan Sampai Terjebak, Ini Jadwal One Way dan Ganjil Genap Arus Balik

Foto udara sejumlah kendaraan antre melintasi Gerbang Tol Cikampek Utama, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Kamis (28/4/2022). Pada H-4 Lebaran 2022, ruas jalan tol Jakarta-Cikampek mengalami kepadatan volume kendaraan dan diperkirakan puncaknya pada H-3 Lebaran.ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT Foto udara sejumlah kendaraan antre melintasi Gerbang Tol Cikampek Utama, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Kamis (28/4/2022). Pada H-4 Lebaran 2022, ruas jalan tol Jakarta-Cikampek mengalami kepadatan volume kendaraan dan diperkirakan puncaknya pada H-3 Lebaran.

Masyarakat yang akan kembali, diharapkan untuk mempersiapkan waktu keberangkatan dan selalu update terkait diskresi kebijakan rekayasa lalu lintas.

Agar tak terjebak dalam kondisi rekayasa lalu lintas arus balik, berikut rencana penerapannya; Jumat (6/5/2022) Pukul 14.00-24 WIB - Satu arah pelat genap, dari Km 414 sampai Km 47. Sabtu (7/5/2022) Pukul 07.00-24.00 WIB - Satu arah pelat ganjil, dari Km 414 sampai Km 47. 

Baca juga: Jangan Sampai Terjebak, Ini Jadwal One Way dan Ganjil Genap Arus Balik

3. Update Harga BBM Pertamina, Shell, Vivo, dan BP Setelah Lebaran

Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Shell Hayam Wuruk Tuban yang dikembangkan dalam skema Kemitraan Dealer Shell DOK. Shell Indonesia Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Shell Hayam Wuruk Tuban yang dikembangkan dalam skema Kemitraan Dealer Shell

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com