Kompas.com - 06/05/2022, 07:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Korlantas Polri bersama Kementerian Perhubungan dan operator jalan tol resmi memberlakukan rekayasa lalu lintas di ruas tol Trans Jawa sebagai antisipasi kepadatan kendaraan selama arus balik Lebaran 2022.

Berlangsung mulai hari ini, Jumat (6/5/2022) sampai Minggu (8/5/2022), pembatasan mobilitas tersebut diterapkan penuh mulai GT Kalikangkung KM 414 mengarah ke DKI Jakarta (KM 28+500 Tol Cikampek).

"Saya ingin menyampaikan kepada para polisi lalu lintas, semangat untuk datang hari ini. Kita melayani kembali sampai masyarakat kembali ke tempat asalnya," kata Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Firman Shantyabudi, Kamis (5/5/2022).

Baca juga: Kemenhub Dukung Penerapan Rekayasa Lalu Lintas di Jalur Tol

Foto udara sejumlah kendaraan antre melintasi Gerbang Tol Cikampek Utama, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Kamis (28/4/2022). Pada H-4 Lebaran 2022, ruas jalan tol Jakarta-Cikampek mengalami kepadatan volume kendaraan dan diperkirakan puncaknya pada H-3 Lebaran.ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT Foto udara sejumlah kendaraan antre melintasi Gerbang Tol Cikampek Utama, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Kamis (28/4/2022). Pada H-4 Lebaran 2022, ruas jalan tol Jakarta-Cikampek mengalami kepadatan volume kendaraan dan diperkirakan puncaknya pada H-3 Lebaran.

"Kemarin kita relaksasi, memberikan bukaan satu lajur untuk contraflow ke arah Jakarta dan itu bisa diselesaikan, alhamdulillah lancar. Olehnya, kalau melihat angka yang saya sampaikan tadi, besok tak ada alternatif lain kecuali one way, full," lanjut dia.

Ia pun meminta seluruh pihak terkait bersiap menghadapi arus balik hari Raya Idul Fitri 1443 atau Lebaran 2022. Tidak terkecuali pada pemudik dan jajaran Polda.

Berdasarkan data Divisi Humas Polri @divisihumaspolri, berikut jadwal dan lokasi rencana pemberlakukan rekayasa saat arus balik Lebaran di ruas tol Trans Jawa pada Jumat (6/5/2022);

Baca juga: Etika Menyalip Kendaraan Saat Kondisi Jalan Macet

Jumat, 6 Mei 2022 pukul 14.00-24.00 WIB dimulai dari GT Kalikangkung Km 414-Tol Cikampek Km 47 diteruskan CB Contraflow sampai Km 28+500.

Sehari setelahnya, kebijakan serupa diberlakukan mulai pukul 07.00 WIB sampai 24.00 WIB dengan titik terakhir GT Halim Km 3+500. Sementara pada Minggu (8/5/2022) rekayasa berhenti di pukul 03.00 WIB.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.