Kompas.com - 05/05/2022, 15:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sistem kelistrikan sepeda motor, aki memiliki fungsi untuk membantu menghidupkan mesin. Jika aki soak, mesin akan sulit dihidupkan menggunakan electric starter.

Melihat fungsinya yang cukup vital, pemilik kendaraan sebaiknya melakukan perawatan aki secara periodik. Sehingga, komponen kelistrikan motor ini juga memiliki usia pakai yang panjang.

Pada dasarnya masa berlaku untuk pemakaian aki adalah 24 bulan, namun ada beberapa indikasi yang menyebabkan kinerja menurun dan mengakibatkan kualitasnya juga ikut menurun.

Baca juga: Ini Link CCTV buat Pantau Lalu Lintas secara Online

“Kalau aki mau awet ya perawatannya juga diperhatikan, panasi motor sebelum digunakan. Bisa juga ganti kiprok aki yang lebih bagus biar pengisiannya juga maksimal,” ucap Fendy, mekanik bengkel 3G Motor kepada Kompas.com belum lama ini.

Terdapat beberapa saran atau tindakan yang harus dilakukan untuk menjaga agar aki motor tidak mudah rusak atau soak. Sehingga penggunaannya akan lebih lama dan menghemat biaya pengeluaran untuk perawatan motor.

Pertama, perhatikan penggunaan aksesori yang terpasang di sepeda motor, terutama yang berhubungan dengan kelistrikan.

Aki motor diukur dengan avometerDok. DAM Aki motor diukur dengan avometer

Kedua, jangan memaksakan untuk starter elektrik jika tidak berfungsi normal. Pada saat awal memanasi motor sebaiknya memakai starter manual (kick starter) sehingga aki akan lebih awet.

Ketiga, pastikan seluruh komponen yang membutuhkan listrik dimatikan sebelum mematikan mesin kendaraan bermotor. Dan terakhir, periksa kondisi kiprok yang menjadi suplai arus listrik untuk pengisian ke aki.

Bagi yang sedang berencana membeli dan mencari daftar harga aki motor, tim redaksi sudah menyiapkan untuk Anda. Berikut harga aki motor per Mei 2022.

Baca juga: 372.000 Kendaraan Tinggalkan Jabodetabek pada H1 sampai H2 Lebaran

Harga aki untuk Honda Tiger, Yamaha Scorpio, Honda Megapro, Yamaha RX-King, Honda NSR 150, Honda Supra, Yamaha Jupiter, Suzuki Thunder, Suzuki Shogun Piaggio ET4, Kawasaki Binter Merzy

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.