Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

One Way Bakal Diberlakukan di GT Palimanan Utama Mulai Pukul 11.00 WIB

Kompas.com - 05/05/2022, 07:47 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya akan memberlakukan rekayasa lalu lintas guna mengurai kepadatan kendaraan yang terpantau mulai padat di ruas tol Cipali hari ini, Kamis (5/5/2022).

Melalui keterangan tertulis pada Kamis pagi, Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo menjelaskan rekayasa yang dipilih untuk diterapkan ialah satu jalur alias one way dan contraflow.

"One way akan diberlakukan pukul 11.00 WIB sampai 24.00 WIB dari GT Palimanan Utama KM 188 sampai dengan KM 72 Cikampek pada hari Kamis, 5 Mei 2022," kata dia.

Baca juga: Ini Link CCTV buat Pantau Lalu Lintas secara Online

Foto udara sejumlah kendaraan antre melintasi Gerbang Tol Cikampek Utama, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Kamis (28/4/2022). Pada H-4 Lebaran 2022, ruas jalan tol Jakarta-Cikampek mengalami kepadatan volume kendaraan dan diperkirakan puncaknya pada H-3 Lebaran.ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT Foto udara sejumlah kendaraan antre melintasi Gerbang Tol Cikampek Utama, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Kamis (28/4/2022). Pada H-4 Lebaran 2022, ruas jalan tol Jakarta-Cikampek mengalami kepadatan volume kendaraan dan diperkirakan puncaknya pada H-3 Lebaran.

Kemudian dilanjutkan oleh contraflow yang berlangsung sampai dengan tol Jakarta-CIkampek KM 47. Diharapkan dengan hal ini, kepadatan dari para pemudik yang hendak kembali bisa terpecah.

Namun, lanjut Sambodo, apabila kepadatan arus lalin mulai berkurang maka pelaksanaan rekayasa tersebut akan diakhiri lebih cepat dari jadwal yang sudah disepakati.

Adapun jika kepadatan semakin meningkat melebihi batas maksimal maka rekayasa lalu lintas one way akan ditingkatkan dari GT Palimanan Utama KM 188 sampai dengan tol Jakarta-CIkampek KM 47 tanpa relaksasi.??

"Diperpanjang juga waktunya. Sementara kendaraan yang hendak untuk menuju ke Bandung dan Cikampek diberikan relaksasi satu lajur," jelas dia.

Mekanisme sebelum pelaksanaan rekayasa one way akan dilaksanakan sterilisasi alias pembersihan baik pada jalur maupun rest area selama 2 jam sebelum pelaksanaannya atau pukul 09.00 WIB.

Baca juga: One Way di Puncak Bogor Berlaku Mulai Jam 6 Pagi

Sejumlah kendaraan pemudik melaju di Jalan Tol Palimanan-Kanci, Cirebon, Jawa Barat, Rabu (27/4/2022). Uji coba sistem ganjil genap di Jalan Tol Trans-Jawa dilanjutkan hingga Gerbang Tol Kalikangkung untuk mengantisipasi peningkatan kendaraan yang akan berdampak perlambatan hingga kemacetan panjang pada arus mudik Lebaran 2022.ANTARA FOTO/DEDHEZ ANGGARA Sejumlah kendaraan pemudik melaju di Jalan Tol Palimanan-Kanci, Cirebon, Jawa Barat, Rabu (27/4/2022). Uji coba sistem ganjil genap di Jalan Tol Trans-Jawa dilanjutkan hingga Gerbang Tol Kalikangkung untuk mengantisipasi peningkatan kendaraan yang akan berdampak perlambatan hingga kemacetan panjang pada arus mudik Lebaran 2022.

Untuk mekanisme setelah pelaksanaan kebijakan pada pukul 24.00 WIB, akan dilakukan normalisasi baik pada jalur maupun rest area selama 2 jam pula atau 02.00 WIB. Setelah itu, jalur akan dibuka secara normal.

"Rekayasa ini diambil berdasarkan hasil koordinasi dengan steakholder terkait dan PT Jasa Marga bahwa ruas tol cipali tidak bisa menampung kepadatan arus lalin baik pada jalur A dan B dengan VCR (Volume Capacity Ratio) sebesar 1,19," kata Sambodo.

"Kemudian berdasarkan data arus lalu lintas hari Rabu, 4 Mei 2022 dari pukul 06.00 WIB sampai 18.00 WIB juga yang telah melewati ruas jalan tol Cipali mengalami tren peningkatan," ujar dia lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com