Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arus Balik Lebaran 2022, Volume Kendaraan di Tol Japek Meningkat

Kompas.com - 05/05/2022, 13:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kondisi arus balik Lebaran 2022 di ruas Tol Jakarta-Cikampek (Japek) terpantau mengalami peningkatan volume kendaraan untuk arus balik ke Jakarta hingga, Rabu (4/5/2022) malam.

Kendati peningkatan belum signifikan, namun diprediksi akan ada 48.000 kendaraan hingga malam hari ini melintas di ruas Tol Jakarta-Cikampek yang mengarah ke Jakarta.

Jumlah ini diperkirakan akan meningkat selama beberapa hari kedepan hingga puncak arus balik pada akhir pekan ini yakni 6-8 Mei mendatang. Mengingat hari Senin 9 Mei, telah masuk kerja setelah cuti bersama.

Baca juga: Ini Link CCTV buat Pantau Lalu Lintas secara Online

Kasubdit STNK Ditregident Korlantas Polri, Kombes Pol. Muhammad Taslim Chairuddin mengatakan bahwa arus balik saat ini terbilang lancar. Namun, untuk tol Cikampek mengalami kepadatan lalu lintas.

“Untuk sementara arus balik masih landai, tol Cikampek memang volume meningkat, sendatan arus ada,” ucap Taslim dikutip dari Kompas.com, Rabu (4/5/2022) malam.

Arus lalu lintas (lalin) di Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek).Dok. PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Arus lalu lintas (lalin) di Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek).

Sementara itu, pada puncak arus balik, data dari Kakorlantas Polri diperkirakan akan ada 78.000 kendaraan yang akan kembali ke Jakarta.

Kenaikan paling signifikan diperkirakan akan terjadi pada Minggu 8 Mei 2022. Di mana prediksi awal, ada 170.000 lebih kendaraan yang akan melintas Tol Jakarta-Cikampek.

Baca juga: Bus Pariwisata Terbalik Saat Dipakai Mudik, Pengemudi Harus Tahu Medan

Untuk mengantisipasi kemacetan akibat kepadatan kendaraan arus balik, Korlantas Polri sudah menyiapkan skenario berupa one way dan contra flow.

Sementara skema yang akan diterapkan terlebih dahulu adalah skema one way yakni satu arah dari gerbang Tol Kalikangkung Km 414 hingga ruas Tol Jakarta-Cikampek Km 47. Kebijakan ini akan diberlakukan pada 6 Mei 2022.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com