Kompas.com - 05/05/2022, 13:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kondisi arus balik Lebaran 2022 di ruas Tol Jakarta-Cikampek (Japek) terpantau mengalami peningkatan volume kendaraan untuk arus balik ke Jakarta hingga, Rabu (4/5/2022) malam.

Kendati peningkatan belum signifikan, namun diprediksi akan ada 48.000 kendaraan hingga malam hari ini melintas di ruas Tol Jakarta-Cikampek yang mengarah ke Jakarta.

Jumlah ini diperkirakan akan meningkat selama beberapa hari kedepan hingga puncak arus balik pada akhir pekan ini yakni 6-8 Mei mendatang. Mengingat hari Senin 9 Mei, telah masuk kerja setelah cuti bersama.

Baca juga: Ini Link CCTV buat Pantau Lalu Lintas secara Online

Kasubdit STNK Ditregident Korlantas Polri, Kombes Pol. Muhammad Taslim Chairuddin mengatakan bahwa arus balik saat ini terbilang lancar. Namun, untuk tol Cikampek mengalami kepadatan lalu lintas.

“Untuk sementara arus balik masih landai, tol Cikampek memang volume meningkat, sendatan arus ada,” ucap Taslim dikutip dari Kompas.com, Rabu (4/5/2022) malam.

Arus lalu lintas (lalin) di Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek).Dok. PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Arus lalu lintas (lalin) di Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek).

Sementara itu, pada puncak arus balik, data dari Kakorlantas Polri diperkirakan akan ada 78.000 kendaraan yang akan kembali ke Jakarta.

Kenaikan paling signifikan diperkirakan akan terjadi pada Minggu 8 Mei 2022. Di mana prediksi awal, ada 170.000 lebih kendaraan yang akan melintas Tol Jakarta-Cikampek.

Baca juga: Bus Pariwisata Terbalik Saat Dipakai Mudik, Pengemudi Harus Tahu Medan

Untuk mengantisipasi kemacetan akibat kepadatan kendaraan arus balik, Korlantas Polri sudah menyiapkan skenario berupa one way dan contra flow.

Sementara skema yang akan diterapkan terlebih dahulu adalah skema one way yakni satu arah dari gerbang Tol Kalikangkung Km 414 hingga ruas Tol Jakarta-Cikampek Km 47. Kebijakan ini akan diberlakukan pada 6 Mei 2022.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.