Ini Link CCTV buat Pantau Lalu Lintas secara Online

Kompas.com - 05/05/2022, 06:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan mencatat adanya lonjakkan arus lalu lintas di berbagai ruas jalan selama H+2 libur Lebaran 2022 atau Idul Fitri 1443 H.

Bahkan pada sisi kendaraan angkut penumpang, masih meningkat 128,4 persen alias 146.362 penumpang dari hari biasanya 62.760 penumpang saja.

Oleh karenanya, diimbau kepada seluruh masyarakat yang hendak untuk berpergian membuat perencanaan perjalanan kembali. Supaya, terhindar dari kepadatan atau kemacetan panjang di ruas-ruas tertentu.

Baca juga: Antisipasi Arus Balik Lebaran 2022, Polres Metro Bekasi Siapkan Pos Pengamanan

Belum Terlihat Arus Balik di Jalur Arteri Citra Raya Serang-Tangerang pada Rabu (4/5/2022)KOMPAS.com/ANNISA RAMADANI SIREGAR Belum Terlihat Arus Balik di Jalur Arteri Citra Raya Serang-Tangerang pada Rabu (4/5/2022)

Untuk memantau kemacetan lalu lintas, Anda bisa memanfaatkan website dengan layanan live streaming dari tangkapan kamera CCTV yang terpasang di sejumlah titik atau rute.

Dengan layanan tersebut, pengendara dapat melihat kondisi lalu lintas terkini secara online lewat layar ponsel. Setelah mengetahui kondisi lalu lintas terkini, nantinya dapat menentukan rute lain yang mungkin lebih lancar.

Untuk lebih lengkapnya, berikut link CCTV yang dapat diakses secara online untuk memantau kemacetan lalu lintas dikutip dari tekno.Kompas.com;

1. Link ive streaming CCTV RTTMC Kemenhub

ilustrasi website RTTMC Kemenhubrttmc.dephub.go.id ilustrasi website RTTMC Kemenhub

Website RTTMC (Road Transport and Traffic Management Center) dari Kemenhub (Kementerian Perhubungan) memiliki layanan live streaming kondisi lalu lintas, yang bersumber dari kamera CCTV pada beberapa ruas jalan.

Tidak semua ruas jalan di Indonesia bisa dipantau lewat live streaming CCTV di website RTTMC Kemenhub. Terdapat lebih dari 30 CCTV yang terpasang di titik rawan kemacetan, seperti pada jalur Nagreg, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Supaya bisa cek kemacetan lalu lintas, kunjungi link live streaming CCTV berikut http://rttmc.dephub.go.id/rttmc/livecctv, lewat browser di ponsel. Setelah website terbuka, pilih tayangan langsung CCTV jalan pada lokasi tertentu.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.