Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dishub DKI Siapkan Skema Rekayasa Lalu Lintas di Sejumlah Area Wisata

Kompas.com - 05/05/2022, 08:12 WIB
Serafina Ophelia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dinas Perhubungan DKI Jakarta telah menyiapkan skema rekayasa lalu lintas di area wisata sekitar Ibu Kota selama libur Lebaran 2022, untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan.

Rekayasa lalu lintas yang akan diberlakukan, di antaranya adalah sistem satu arah atau one way, serta kanalisasi jalur sepeda motor menuju tempat wisata.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo menjelaskan, pihaknya juga telah menyediakan penambahan personel untuk mengatur lalu lintas di kawasan wisata.

Baca juga: Kemacetan Mudik Lebaran 2022, One Way dan Tol Merak Perlu Dievaluasi

"Pada saat terjadi kepadatan lalu lintas, (Dishub DKI) berkoordinasi dengan jajaran kepolisian menerapkan rekayasa lalu lintas operasional pada jaringan jalan lokal," ucap Syafrin seperti dikutip Kompas Megapolitan, Rabu (4/5/2022).

Syafrin menjelaskan, ini tidak menutup kemungkinan akan diberlakukannya sistem buka-tutup arus lalu lintas yang akan menuju ke kawasan wisata.

Selain itu, penertiban parkir liar juga akan dilakukan agar tidak ada hambatan arus lalu lintas kendaraan yang akan mengarah ke area wisata.

Bus Transjakarta melintas di kawasan Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jakarta Pusat, Selasa (29/3/2022). PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) kembali membuka kapasitas angkut 100 persen dari sebelumnya dibatasi 70 persen seiring diturunkannya level pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Ibu Kota dari level 3 menjadi level 2.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Bus Transjakarta melintas di kawasan Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jakarta Pusat, Selasa (29/3/2022). PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) kembali membuka kapasitas angkut 100 persen dari sebelumnya dibatasi 70 persen seiring diturunkannya level pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Ibu Kota dari level 3 menjadi level 2.

Baca juga: Catat, Ini Jadwal Pemberlakuan One Way dan Ganjil Genap Selama Arus Balik Lebaran 2022

"Kami juga melakukan penertiban parkir liar bagi kendaraan yang parkir tidak pada tempatnya dan menyebabkan bottleneck di ruas-ruas jalan menuju lokasi wisata," ucap Syafrin.

Kemudian untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan, ia mengimbau warga yang ingin melancong di Ibu Kota agar menggunakan angkutan umum yang tersedia.

"Seperti layanan transjakarta termasuk feeder-feeder mikrotrans-nya, MRT, LRT, KRL, taksi, maupun layanan angkutan sewa khusus/online," ucap Syafrin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com