Suzuki Kenalkan Escudo Bermesin Hybrid, Dijual Mulai Rp 300 Jutaan

Kompas.com - 30/04/2022, 14:22 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Suzuki Jepang meluncurkan kembali Escudo setelah sempat vakum beberapa tahun. Walaupun terlihat mirip dengan pendahulunya, yakni Vitara di Eropa, SUV ini mendapatkan dapur pacu baru berupa mesin hybrid.

Sejatinya Escudo terbaru masih dibangun berdasarkan model yang telah dipasarkan pada 2014. Kemudian pada 2018, model ini mendapat penyegaran dengan mesin turbocharged modern.

Lalu dapat pembaruan lagi dengan mesin hybrid ringan 48V pada 2020, dan terakhir teknologi hybrid penuh 140V pada tahun ini.

Baca juga: Tol Bandung-Jakarta Ditutup, Cek Jalur Alternatif via Jonggol

Suzuki Escudo HybridCARSCOOPS.com Suzuki Escudo Hybrid

Dilansir dari Carscoops (30/4/2022), Escudo terbaru hadir dengan mesin empat silinder DualJet 1.500 cc bertenaga 99 tk dan torsi 132 Nm. Sementara motor listriknya menghasilkan tenaga 33 tk dan torsi 60 Nm.

Menariknya, mesin tersebut menyalurkan tenaga ke keempat rodanya melalui girboks otomatis ASG 6-percepatan, yang dikombinasikan dengan sistem AllGrip AWD Suzuki.

Kemudian, Escudo juga menawarkan mode berkendara Auto, Sport, Snow, dan Lock, yang dapat meningkatkan kemampuan off-road-nya. Termasuk juga sistem keamanan ADAS yang menjadi standar.

Baca juga: Ini Kode Kru Bus AKAP pada Penumpang Saat Ada Pencopet

Tampilan dasbor Suzuki Escudo HybridCARSCOOPS.com Tampilan dasbor Suzuki Escudo Hybrid

Suzuki Escudo hybrid ini dibekali baterai 6 Ah lebih besar daripada varian mild-hybrid, yang dipasang di bawah ruang kargo, sementara dulu berada di bawah kursi depan.

Asyiknya, Escudo hybrid juga memungkinkan untuk berjalan dengan tenaga listrik saja dalam kondisi mengemudi tertentu, seperti saat melaju pada kecepatan rendah.

Dengan segala kelebihannya, Suzuki mengklaim konsumsi bahan bakar gabungan mencapai 5,1 liter per 100 km (metode WLTC) atau setara 19,6 km per liter.

Di Jepang, Suzuki Escudo ditawarkan dengan harga 2.970.000 yen atau setara Rp 332 jutaan. Sedangkan di Eropa, Vitara model 2022 ditawarkan 25.499 poundsterling atau setara Rp 468 jutaan, yang membuatnya lebih mahal dari model hybrid.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.