Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Kenalkan Escudo Bermesin Hybrid, Dijual Mulai Rp 300 Jutaan

Kompas.com - 30/04/2022, 14:22 WIB
Dio Dananjaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Suzuki Jepang meluncurkan kembali Escudo setelah sempat vakum beberapa tahun. Walaupun terlihat mirip dengan pendahulunya, yakni Vitara di Eropa, SUV ini mendapatkan dapur pacu baru berupa mesin hybrid.

Sejatinya Escudo terbaru masih dibangun berdasarkan model yang telah dipasarkan pada 2014. Kemudian pada 2018, model ini mendapat penyegaran dengan mesin turbocharged modern.

Lalu dapat pembaruan lagi dengan mesin hybrid ringan 48V pada 2020, dan terakhir teknologi hybrid penuh 140V pada tahun ini.

Baca juga: Tol Bandung-Jakarta Ditutup, Cek Jalur Alternatif via Jonggol

Suzuki Escudo HybridCARSCOOPS.com Suzuki Escudo Hybrid

Dilansir dari Carscoops (30/4/2022), Escudo terbaru hadir dengan mesin empat silinder DualJet 1.500 cc bertenaga 99 tk dan torsi 132 Nm. Sementara motor listriknya menghasilkan tenaga 33 tk dan torsi 60 Nm.

Menariknya, mesin tersebut menyalurkan tenaga ke keempat rodanya melalui girboks otomatis ASG 6-percepatan, yang dikombinasikan dengan sistem AllGrip AWD Suzuki.

Kemudian, Escudo juga menawarkan mode berkendara Auto, Sport, Snow, dan Lock, yang dapat meningkatkan kemampuan off-road-nya. Termasuk juga sistem keamanan ADAS yang menjadi standar.

Baca juga: Ini Kode Kru Bus AKAP pada Penumpang Saat Ada Pencopet

Tampilan dasbor Suzuki Escudo HybridCARSCOOPS.com Tampilan dasbor Suzuki Escudo Hybrid

Suzuki Escudo hybrid ini dibekali baterai 6 Ah lebih besar daripada varian mild-hybrid, yang dipasang di bawah ruang kargo, sementara dulu berada di bawah kursi depan.

Asyiknya, Escudo hybrid juga memungkinkan untuk berjalan dengan tenaga listrik saja dalam kondisi mengemudi tertentu, seperti saat melaju pada kecepatan rendah.

Dengan segala kelebihannya, Suzuki mengklaim konsumsi bahan bakar gabungan mencapai 5,1 liter per 100 km (metode WLTC) atau setara 19,6 km per liter.

Di Jepang, Suzuki Escudo ditawarkan dengan harga 2.970.000 yen atau setara Rp 332 jutaan. Sedangkan di Eropa, Vitara model 2022 ditawarkan 25.499 poundsterling atau setara Rp 468 jutaan, yang membuatnya lebih mahal dari model hybrid.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com