Sponsori Gresini Racing di MotoGP Sukses Dorong Penjualan Federal Oil

Kompas.com - 30/04/2022, 13:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Federal Oil terus menjadi sponsor Gresini Racing yang naik kelas ke MotoGP. Strategi ini sukses meningkatkan penjualan pelumas secara nasional.

Pelumas asal Indonesia ini menjadi sponsor Gresini Racing sejak 2011 saat masih berada di kelas Moto2. Baru musim ini akhirnya tim balap asal Italia tersebut naik kelas ke MotoGP.

Baca juga: Satu Dekade Federal Oil Dukung Gresini Racing

Federal Oil pun menjadi perusahaan asal Indonesia pertama yang menjadi sponsor tim balap di kelas utama. Federal Oil juga semakin dilirik berkat dua kemenangan yang dihasilkan oleh Enea Bastianini pada MotoGP Qatar dan MotoGP Amerika.

Enea Bastianini saat berlaga pada MotoGP Amerika 2022Dok. Gresini Racing Enea Bastianini saat berlaga pada MotoGP Amerika 2022

Sri Adinegara, Market Development Director PT ExxonMobil Lubricants Indonesi, mengatakan, pihaknya memiliki delapan Sponsor Keeping Unit (SKU), di antara SKU tersebut ada Federal Racing.

"Jika dilihat, memang growth sales penjualan di kuartal I ini sangat signifikan melebihi double digit, dibandingkan tahun lalu," ujar Adi, saat buka puasa bersama media di Jakarta, belum lama ini.

Baca juga: Federal Oil Banyak Digemari Gen Z di Tanah Air

Adi menambahkan, bisa dibandingkan dengan saat sebelum pandemi, di mana market mulai meningkat. Dengan adanya Federal Racing dan konsistensi di balap motor, ditambah lagi dengan MotoGP, membawa pengaruh yang besar.

Enea Bastianini saat berlaga pada MotoGP Qatar 2022Dok. Gresini Racing Enea Bastianini saat berlaga pada MotoGP Qatar 2022

"Penontonnya sangat banyak, campaign kita di MotoGP, 'Bikin Bangga Indonesia', dengan Enea. Jadi, saya rasa itu berkolerasi positif. Orang semakin banyak yang tahu Federal Oil dengan sponsorship di motorsport dan MotoGP memang exposure-nya sangat besar," kata Adi.

Menurutnya, jika Enea bisa menjadi juara dunia, efeknya terhadap Federal Oil akan semakin besar lagi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.