Kompas.com - 30/04/2022, 14:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Imbas one way yang diterapkan di Jalan Cikampek sampai ke Cipali pada hari Kamis (28/4/2022), bus-bus yang ingin menjemput penumpang di Jabodetabek jadi terlambat.

Hal ini terlihat di Terminal Kalideres, Jakarta Barat di mana adanya penumpukan penumpang pada Jumat (29/4/2022). Bahkan beberapa PO bus mengumumkan keterlambatan armada pada Jumat sampai Sabtu (30/4/2022).

Misalnya seperti PO Sinar Jaya yang mengumumkan keterlambatan armada lewat akun Instagram Koran Sinar. Tertulis, bagi penumpang yang sudah memesan tiket untuk tanggal 29 dan 30 April, jam keberangkatan akan mengalami keterlambatan dari Jabodetabek.

Baca juga: Ini Kode Kru Bus AKAP pada Penumpang Saat Ada Pencopet

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by KoranSinar (@koransinar)

 

"Sehubungan dengan keterlambatan tersebut, atas nama pengurus dan seluruh crew PO Sinar Jaya kami mohon maaf yang sebesar-besarnya kepada para pengguna jasa kami," ucapnya dalam unggahan tersebut dikutip Kompas.com, Sabtu (30/4/2022).

Begitu juga dengan bus DAMRI, ketika redaksi tanyakan, selama dua hari terakhir terjadi keterlambatan armada ke arah Jabodetabek. Lagi-lagi penyebabnya karena adanya aturan one way yang berlaku selama puncak arus mudik 2022.

PO Sumber Alam, sebenarnya sudah mengantisipasi hal ini akan terjadi. Anthony Steven Hambali, pemilik PO Sumber Alam sudah memberangkatkan hampir semua armadanya ke Jabodetabek per tanggal 20 April 2022.

Baca juga: Kesalahan Mengemudi Mobil Matik Saat Ketemu Jalan Menanjak

"Tanggal 20, armada kami sudah di barat semua. Kalau dari timur hanya seperlunya untuk menampung penumpang reguler," ucap Anthony.

Selain itu, Anthony juga bekerja sama dengan PO Pariwisara lain untuk menjadi armada bantuan selama puncak arus mudik. Oleh karena itu, penumpang jadi tidak menumpuk dan tidak kena imbas one way.

"Ini lebih karena sistem pemesanan kami yang sudah bisa melayani pembelian tiket 90 hari sebelum hari H. Jadi sudah terprediksi dan terantisipasi dengan baik. Kalau dadakan pasti bingung mengatur jadwal dan operasional kendaraannya," kata dia.

Strategi yang dilakukan PO Sumber Alam bisa menjadi inspirasi PO bus lainnya, yang paling dekat untuk arus balik nanti. Jadi tidak ada lagi keterlambatan keberangkatan karena adanya kebijakan one way.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.