Kompas.com - 30/04/2022, 03:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pihak kepolisian akan kembali memberlakukan skema satu arah atau one way di tol Cikampek Km 47 sampai tol Kalikangkung Km 414. Dampaknya, kendaraan yang mengarah Jakarta akan tertahan.

Khususnya, kendaraan yang berasal dari arah Bandung. Para pemudik disarankan untuk mencari jalur alternatif atau melewati jalur arteri.

“Kendaraan dari arah Bandung menuju Jakarta akan dialihkan ke jalur arteri kembali,” ujar Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo dalam keterangan tertulis (29/4/2022).

Baca juga: One Way Tol Cikampek-Kalikangkung Diperpanjang hingga Sabtu Pagi

“Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini dan mohon agar para pengendara dari Bandung dapat mengatur waktu perjalanan, agar tidak terjebak dalam penutupan akibat rekayasa one way,” ujarnya.

Foto udara sejumlah kendaraan antre melintasi Gerbang Tol Cikampek Utama, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Kamis (28/4/2022). Pada H-4 Lebaran 2022, ruas jalan tol Jakarta-Cikampek mengalami kepadatan volume kendaraan dan diperkirakan puncaknya pada H-3 Lebaran.ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT Foto udara sejumlah kendaraan antre melintasi Gerbang Tol Cikampek Utama, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Kamis (28/4/2022). Pada H-4 Lebaran 2022, ruas jalan tol Jakarta-Cikampek mengalami kepadatan volume kendaraan dan diperkirakan puncaknya pada H-3 Lebaran.

Salah satu jalur alternatif yang bisa dilewati para pemudik dari arah Bandung menuju Jakarta adalah melalui Jonggol. Tim Kompas.com sudah menyusun rute, mulai Jalan Asia Afrika menuju Cibubur Junction. Estimasi jaraknya adalah 135 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 4 jam.

Dari Jalan Asia Afrika, lurus ke Jalan Jend. Sudirman. Setelah beberapa kilometer, akan melewati Bundaran Cibeureum, lanjut lagi masuk Jalan Jend. Sudirman. Setelah itu, masuk ke Jalan Nasional III.

Lanjut lurus lagi di Jalan Nasional III hingga beberapa kilometer dan akan menemui pertigaan di Cimahi dekat dengan diler Mitsubishi Mahligai Cimahi. Belok kiri ke Jalan Gatot Subroto, sekitar beberapa ratus meter lanjut belok kanan ke Jalan Lurah.

Baca juga: Update, Skema One Way Berlaku Lagi, Kendaraan dari Bandung ke Jakarta Lewat Jalan Arteri

Ikuti jalan hingga menemukan perempatan untuk masuk kembali ke Jalan Nasional III. Belok kanan, setelah itu tak jauh akan menemukan pertigaan lagi di jalan besar dan belok ke kiri ke Jalan Jend. H. Amir Machmud.

Petugas kepolisian sedang melakukan penanganan kecelakaan lalu lintas di Jalan Raya Jonggol-Cileungsi atau tepatnya di Danau Tunggilis, Desa Cipeucang, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (21/3/2022).Dok. Satlantas Polres Bogor Petugas kepolisian sedang melakukan penanganan kecelakaan lalu lintas di Jalan Raya Jonggol-Cileungsi atau tepatnya di Danau Tunggilis, Desa Cipeucang, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (21/3/2022).

Lurus terus menyusuri jalan raya sekitar 6,6 kilometer dan akan bertemu dengan pertigaan lagi. Belok kiri untuk mengarah ke Jalan KBP East Entrance. Melewati bundaran Puspa Iptek Sundial dan keluar ke Jaan Parahyangan Raya.

Pemudik akan kembali ke Jalan Nasional III, terus lurus ke Jalan Raya Bandung-Cianjur sekitar 34 kilometer. Selanjutnya, akan sampai pada Tugu Kosong Cianjur, belok kanan ke arah Jalan Raya Cibogo-Ciranjang. Lurus terus ke Jalan Cinangsi-Cibogo sekitar 34 kilometer.

Kepadatan kendaraan menjadi pemandangan harian di Jalan Transyogie. Kemacetan terjadi di dua lajur arah Jakarta dan Cileungsi-Jonggol. Gambar diambil Sabtu, (1/1/2014). HBA/Kompas.com Kepadatan kendaraan menjadi pemandangan harian di Jalan Transyogie. Kemacetan terjadi di dua lajur arah Jakarta dan Cileungsi-Jonggol. Gambar diambil Sabtu, (1/1/2014).

Selanjutnya, akan sampai di Jalan Mekar Galih-Cinangsi. Lurus terus sekitar 13 kilometer. Lanjut ke Jalan Sirnarasa-Mekar Galih dan tembus ke Jalan Transyogi. Terus lurus mengikuti jalan dan akan masuk ke Jalan Babakanraden, lalu Jalan Raya Jonggol-Cariu sekitar 45 kilometer.

Setelah itu, akan dihadapkan dengan jalan bercabang dan ambil kanan masuk ke Jalan Kapten. Lurus terus hingga sampai Jalan Baru Jonggol. Lurus lagi sampai ke Jalan Raya Cileungsi-Jonggol, lalu ke Jalan Alternatif Cibubur. Setelah sekitar 20 kilometer, akan sampai ke Cibubur Junction. Selanjutnya, tinggal mengarah ke lokasi tujuan di Jakarta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.