Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SUV Toyota Berbasis Vitara Brezza Mulai Dijual Pekan Ini di India

Kompas.com - 17/08/2020, 08:02 WIB
Stanly Ravel,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Rencana Toyota India untuk memasarkan Urban Cruiser yang menjadi sport utility vehicle (SUV) berbasi Suzuki Vitara Brezza, hanya tinggal menunggu waktu.

Bahkan, dikutip dari Autocar India, mayarakat yang tertarik dengan SUV hasil kawin silang Toyota dan Suzuki ini sudah bisa melakukan pemesanan mulai Sabtu (22/8/2020) mendatang. Sementara untuk peluncuran resminya baru dilakukan September 2020.

Seperti diketahui, Toyota Urban Cruiser sendiri merupakan hasil kolaborasi Suzuki dan Toyota. Meski secara konstruksi sama dengan Vitara Brezza, namun Toyota mengklaim tidak hanya modal ganti emblem, alias rebadge saja.

Baca juga: Dukung Penjualan Mobil Tanah Air, Toyota Siapkan Berbagai Promo pada IOOF 2020

Toyota Urban Cruiserwww.autocarindia.com Toyota Urban Cruiser

Kondisi tersebut lantaran adanya perbedaan desain pada tongkrongan depannya. Toyota memberikan ciri khasnya sendiri yang membuat visual depannya lebih modern dibandingkan Vitara Brezza, selain itu layout interior pun juga dirombak untuk memberikan kesan berbeda.

Urusan tenaga, Urban Cruiser juga akan mengusung mesin yang sama dengan Vitara Brezza, yakni K15 dengan kubikasi 1.500 cc.

Berdasarkan data, mesin tersebut menawarkan tenaga sebesar 105 Ps atau 103 tk dengan torsi maksimum 138 Nm, yang disalurkan dalam dua pilihan transmisi, yaitu manual dan otomatis.

Bedanya, Toyota mengembangkan dengan teknologi hibrida ringan, termasuk fitur start-stop engine untuk efisiensi bahan bakar baik pada model manual maupun matik, sementara SmartHybrid pada Brezza hanya akan diadopsi pada model matiknya.

Toyota mengklaim hasil konsumsi bahan bakar Urban Cruiser secara garis besar tak berbeda jauh dengan Vitara Brezza, yakni mencapai 17,03 kpl untuk manual, sementara matiknya diprediksi lebih tinggi, yakni 18,76 kpl.

Baca juga: XL7 Bawa Angin Segar Ekspor Suzuki di Juli 2020

Toyota Urban Cruiser jadi SUV kembaran Vitara Brezzaautocarindia.com Toyota Urban Cruiser jadi SUV kembaran Vitara Brezza

Sedangkan untuk kisaran harga, sampai saat ini memang belum ada informasi lebih lanjut, tapi berdasarkan isu yang berkembang, banderolnya dikisaran 7,5 lakh hingga 11,5 lakh, atau bila dicairkan sekitar Rp 150 jutaan hingga Rp 238 jutaan.

Dari segi rival, selain Vitara Brezza, Toyota Urban Cruiser juga akan menjadi penantang bagi beberapa SUV yang sudah ada di India, layaknya Ford Ecosport, Hyundai Venue, Mahindra XUV300, Tata Nexon, bahkan Kia Sonet yang baru saja meluncur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com