Kompas.com - 30/04/2022, 12:42 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Jelang Hari Raya Lebaran 2022, kepadatan lalu lintas kendaraan tidak hanya terjadi di Tol Trans Jawa. Sejumlah titik jalur alternatif ikut diramaikan oleh pemudik, salah satunya jalur Puncak, Bogor, Jawa Barat.

Demi mengurai volume kendaraan di jalur Puncak, Kepolisan Resor Bogor memberlakukan rekayasa lalu lintas berdasarkan pelat ganjil dan genap ke arah Puncak mulai dari Simpang Gadog, Jawa Barat.

"Kendaraan yang tidak sesuai tanggal kita minta putar balik ke arah Jakarta atau masuk tol," ujar Kaurbin Ops (KBO) Satlantas Polres Bogor Iptu Ketut Lasswana, dilansir dari Antara (30/4/2022).

Baca juga: Update Skema One Way, Kendaraan dari Bandung ke Jakarta Bisa Lewat Tol

Menurutnya, kebijakan plat ganjil-genap ini berlaku mulai pukul 06.00 WIB dan berlaku sesuai dengan situasi lalu lintas di area tersebut.

Pagi ini, hanya pelat genap yang diizinkan melanjutkan perjalanan ke arah Puncak. Sementara itu, kendaraan pelat ganjil akan diminta putar balik di depan Masjid Agung Harakatul Jannah.

Seperti diketahui, kebijakan pelat kendaraan ganjil-genap ini berlaku baik bagi kendaraan roda empat maupun roda dua.

Baca juga: Kesalahan Mengemudi Mobil Matik Saat Ketemu Jalan Menanjak

Meski begitu, Polres Bogor memberikan pengecualian bagi masyarakat yang tinggal di wilayah Megamendung dan Cisarua, dengan syarat menunjukkan KTP mereka saat pengecekan di Simpang Gadog.

"Kami juga ada pengecualian, antara lain untuk kendaraan darurat dan ambulans," kata Ketut.
Sejauh ini, situasi lalu lintas di Simpang Gadog, baik menuju Puncak maupun arah sebaliknya terpantau lancar dan normal sejak pemberlakuan pelat ganjil-genap.

Selain di Simpang Gadog, pengecekan pelat kendaraan ganjil dan genap juga dilakukan di Pasir Muncang dan Rainbow Hills.

Baca juga: Viral Pengendara Blokade Tol Cipularang karena Macet, Polisi Minta Maaf

Kepadatan kendaraan menuju jalur wisata Puncak di Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (27/2/2022). Tingginya antusiasme masyarakat untuk berwisata pada libur akhir pekan dan libur Isra Miraj Nabi Muhammad SAW, mengakibatkan kepadatan kendaraan di jalur Puncak Bogor sehingga Satlantas Polres Bogor melakukan rekayasa buka tutup jalur untuk mengurai kepadatan kendaraian.ANTARA FOTO/YULIUS SATRIA WIJAYA Kepadatan kendaraan menuju jalur wisata Puncak di Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (27/2/2022). Tingginya antusiasme masyarakat untuk berwisata pada libur akhir pekan dan libur Isra Miraj Nabi Muhammad SAW, mengakibatkan kepadatan kendaraan di jalur Puncak Bogor sehingga Satlantas Polres Bogor melakukan rekayasa buka tutup jalur untuk mengurai kepadatan kendaraian.

"Masyarakat dari arah Jakarta lebih banyak melalui Rainbow Hills, di sana kami ada pos pemeriksaan untuk ganjil-genap. (Pemeriksaan) kendaraan roda dua lebih banyak di Rainbow Hills," ucap Ketut.

Polres Bogor mencatat pagi ini lalu lintas terpantau normal meski pun sudah akhir pekan dan H-2 menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Ketut menambahkan, saat ini belum banyak pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi melintasi jalur Ciawi menuju Puncak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.