Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi Penumpukan, Pemudik Diimbau Hindari Rest Area Km 57

Kompas.com - 28/04/2022, 08:12 WIB
Serafina Ophelia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Area peristirahatan atau rest area Km 57 menjadi salah satu area yang dipadati pemudik selama arus mudik Lebaran 2022. Polri mengimbau pemudik untuk tidak masuk ke rest area ini secara serentak.

"Disampaikan untuk para pemudik dari wilayah Sumatera menuju timur Jawa agar sebaiknya tidak memasuki rest area Km 57, tapi dapat menggunakan rest area berikutnya," ucap Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Gatot Repli Handoko saat konferensi pers, Rabu (27/4/2022).

Gatot menjelaskan, ini bertujuan untuk menghindari terjadinya penumpukan pada rest area Km 57.

Baca juga: Waktu Singgah di Rest Area Dibatasi, Ini Tips Istirahat yang Efektif

Manajer SPBU Rest Area Km 57 Willy AP menjelaskan, rest area Km 57 sudah mulai ramai sejak 10 hari yang lalu, tetapi mengalami peningkatan signifikan sejak Senin (25/4/2022).

"Mulai ramai dari kemarin-kemarin itu, tapi lonjakannya terasa mulai Senin," ucap Willy, seperti dikutip Kompas.com, Rabu (27/4/2022).

Rest Area KM 57 A pada H-6 Lebaran, Selasa (26/4/2022).Kompas.com/Suhaiela Bahfein Rest Area KM 57 A pada H-6 Lebaran, Selasa (26/4/2022).

Baca juga: Update, Contraflow di Km 47 Tol Jakarta-Cikampek Dihentikan

Rest area ini mampu menampung hingga 1.200 kendaraan. Sebelumnya, pada Rabu malam para pemudik sudah terlihat mulai memadati rest area menjelang maghrib untuk menyambangi gerai-gerai makanan.

Guna menghindari kepadatan, waktu singgah di rest area juga akan dibatasi, yaitu maksimal 30 menit.

Nantinya ada petugas yang berkeliling untuk memperingati masyarakat terkait waktu singgah di rest area. Pemudik yang ingin makan juga diimbau untuk membeli secara take away, bukan makan di tempat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com