Kompas.com - 26/04/2022, 15:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk mengantisipasi terjadinya penumpukan pemudik di area peristirahatan atau rest area, akan ada pembatasan waktu bagi pemudik yang hendak singgah.

Sebelumnya, Direktur Utama Rest Area Km 57 Widie Wahyu PG menjelaskan bahwa pembatasan dilakukan berdasarkan surat edaran Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Ia mengatakan, batas maksimalnya adalah 30 menit. Akan ada tim patroli yang bekerjasama dengan kepolisian untuk berkeliling mengingatkan pemudik yang beristirahat di rest area.

Baca juga: Selama Mudik, Kendaraan Pribadi Bisa Titip di Kantor Polisi Terdekat

"Kita ada tim patroli, kita kasih tahu juga lewat announcement dan kita sudah kerjasama Polda Jabar," ucap Widie seperti dikutip Kompas Regional, Kamis (21/4/2022).

Dengan dibatasinya waktu kunjungan, pemudik yang ingin beristirahat di rest area harus paham cara istirahat yang efektif. Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana menjelaskan ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar istirahat menjadi lebih efektif.

"Kalau rest area terbatas, atau ditutup, cari saja pintu keluar terdekat. Pasti di situ, minimal ada tempat yang untuk istirahat," ucap Sony saat dihubungi Kompas.com, Selasa (26/4/2022).

Sony mengatakan, pemudik jangan memikirkan rugi karena harus keluar di pintu keluar tol terdekat jika memang sudah membutuhkan istirahat. Perlu diingat, durasi aman berkendara adalah maksimal 3 jam. Pengemudi perlu beristirahat setelah 3 jam, baru melanjutkan kembali perjalanan.

Berkendara amanAuto2000 Berkendara aman

Kemudian saat sudah sampai di rest area, Sony menjelaskan pentingnya tidur bagi pengemudi walau dalam waktu yang terbatas. Sony mengatakan, waktu tidur atau istirahat yang ideal untuk pengemudi sebenarnya adalah 45 menit.

Agar istirahat menjadi lebih efektif, Sony menyarankan pengemudi untuk meminum kopi sebelum tidur. Efek kopi sendiri baru akan terasa satu jam setelah diminum, sehingga saat bangun tidur pengemudi bisa merasa lebih segar.

"Sebelum dia (pengemudi) tidur, dia minum kopi dulu. Efek dari kopi itu satu jam setelah minum, bukan langsung. Jadi habis itu dia bangun, dapat boost yang bagus dan bangun tidur dengan efek kopi," ucap Sony.

Baca juga: Mengenang Malpetaka Macet pada Tragedi Brebes Exit Tol

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.