Kompas.com - 28/04/2022, 03:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengantisipasi terjadinya kepadatan lalu lintas selama arus mudik Lebaran 2022, pihak kepolisian akan menerapkan sistem one way dan ganjil genap di jalur tol yang menjadi rute mudik masyarakat.

Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Pol Gatot Repli Handoko menjelaskan, mulai Kamis (28/4/2022) akan diberlakukan Operasi Ketupat oleh kepolisian.

"Pukul 17.00 WIB sampai dengan 24.00 WIB, dimulai dari Tol Cikampek Km 47 sampai dengan Gerbang Tol Kalikangkung Km 414. Itu diberlakukan one way dan ganjil genap," ucap Gatot saat konferensi pers, Rabu (27/4/2022).

Baca juga: Hindari Celaka, Begini Cara Ukur Jarak Aman di Jalan Tol

Kemudian untuk masa berakhir dan diperpanjangnya pelaksanaan one way serta ganjil genap ini sifatnya adalah situasional diskresi kepolisian, atau melihat keadaan saat itu. Pelaksanaan arus mudik bersamaan dengan dimulainya one way.

Sebelumnya, disampaikan oleh Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi menjelaskan, untuk melancarkan arus mudik dan balik Lebaran 2022 akan diterapkan beberapa upaya, seperti sistem one way, contraflow hingga ganjil genap nomor kendaraan bermotor.

Firman menjelaskan, pihaknya mengambil langkah intervensi, sebab butuh manajemen kapasitas jalan paling sederhana.

Contraflow di Tol Japek, Rabu (27/4/2022) pagi.Jasa Marga Contraflow di Tol Japek, Rabu (27/4/2022) pagi.

Baca juga: Aturan Ganjil Genap di Jakarta Ditiadakan Selama Libur Lebaran 2022

"Ini mulai dari menambah satu lajur di contraflow. Apabila masih kurang, akan diterapkan one way dari Jakarta menuju arah timur (Jawa Tengah)," ucap Firman seperti dikutip Kompas.com.

Sebagai informasi, sistem satu arah ini rencananya akan diterapkan selama tiga hari, yaitu mulai dari Kamis (28/4/2022) sampai dengan Sabtu (30/4/2022).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.