Kompas.com - 28/04/2022, 10:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Dua mobil Suzuki yakni XL7 dan Ertiga dipercayai untuk menemani ekspedisi tim Kompas.com Merapah Trans-Jawa 2022.

Kedua mobil bertransmisi matik ini sudah dibekali dengan fitur overdrive (O/D). Fitur ini diaktifkan dengan menekan tombol yang terdapat pada bagian samping kanan tuas transmisi.

Saat menjelajahi jalan menanjak dan menurun, tim redaksi pun mencoba fitur overdrive yang ada pada Suzuki XL7. Hasilnya, mobil ini mampu melahap tanjakan dengan mulus tanpa ngos-ngosan.

Pun, ketika hendak mendahului kendaraan lain di depan pada jalan tol.

Baca juga: Seberapa Luas Volume Bagasi Suzuki XL7 buat Perjalanan Mudik?

Tak hanya itu, pada saat melaju di posisi top gear dan membutuhkan daya deselerasi, fitur ini bisa digunakan untuk membantu pengereman.

Cara penggunaannya cukup mengaktifkan dengan menekan tombol pada tuas transmisi.

Tombol OverdriveKompas.com/ApridaMegaNanda Tombol Overdrive

Sebagai informasi, mekanisme overdrive adalah memindahkan transmisi ke gigi rendah, dan selama diaktifkan maka posisi transmisi matik tidak akan beranjak naik. Hal ini karena adanya sistem yang memberikan perintah untuk menahan transmisi pada posisi yang lebih rendah.

Umumnya mobil matik konvensional memiliki empat percepatan seperti Suzuki XL7 dan Ertiga. Saat overdrive diaktifkan maka akan mempertahankan transmisi di posisi ketiga, tidak akan lompat langsung kedua.

Baca juga: Merasakan Kenyamanan Kabin Suzuki XL7 Saat Merapah Trans-Jawa 2022

Namun sayangnya, masih banyak pemilik kendaraan yang sampai saat ini tidak mengerti dan paham fungsinya. Bahkan tidak jarang ada juga yang tinggal menggunakan atau salah dalam menerapkannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.