Arus Lalin di Sejumlah Ruas Tol Terpantau Ramai Lancar

Kompas.com - 27/04/2022, 17:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Pol Gatot Repli Handoko memaparkan keadaan lalu lintas di sejumlah ruas tol yang menjadi rute arus mudik masih terpantau ramai lancar.

Beberapa ruas tol, di antaranya Tol Kalikangkung, Tol Colomadu dan Tol Banyuwangi dikatakan ramai lancar.

"Wilayah Kalikangkung, arus lalu lintas terpantau lancar dengan jumlah kendaraan per hari ini sebanyak 2.257 kendaraan yang melintas di Gerbang Tol Kalikangkung," ucap Gatot saat konferensi pers, Rabu (27/4/2022).

Baca juga: Rekomendasi Rest Area di Tol Cipali buat Istirahat Perjalanan Mudik

Kemudian Gerbang Tol Colomadu Km 492 juga disebutkan masih ramai lancar dan belum terjadi lonjakan arus, dengan total 5.383 kendaraan masuk dan 6.711 kendaraan keluar.

Tol Banyumanik juga terpantau ramai lancar, dan belum ada lonjakan arus dari luar daerah. Dicatat, sebanyak 30.854 kendaraan masuk melalui Tol Banyumanik, dan sebanyak 20.055 kendaraan keluar dari daerah Banyumanik.

Arah Solo-Surabaya juga terpantau ramai lancar. Sedangkan Anyer, arus lalu lintas dari depan Pantai Pasir Putih Carita, baik yang mengarah dari Anyer dan Carita kondusif dan landai. Selain itu, situasi Gerbang Tol Halim arah Jakarta dan sebaliknya masih normal.

Foto udara sejumlah kendaraan melintas di Gerbang Tol Palimanan, Cirebon, Jawa Barat, Selasa (26/4/2022). Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) meniadakan transaksi kendaraan di Gerbang Tol (GT) Palimanan untuk mencegah terjadinya penumpukan kendaraan yang mengantre untuk transaksi atau 'tapping' kartu uang elektronik, dan pengguna jalan tol bisa melakukan transaksi di gerbang tol selanjutnya.ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT Foto udara sejumlah kendaraan melintas di Gerbang Tol Palimanan, Cirebon, Jawa Barat, Selasa (26/4/2022). Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) meniadakan transaksi kendaraan di Gerbang Tol (GT) Palimanan untuk mencegah terjadinya penumpukan kendaraan yang mengantre untuk transaksi atau 'tapping' kartu uang elektronik, dan pengguna jalan tol bisa melakukan transaksi di gerbang tol selanjutnya.

Ada kenaikan jumlah kendaraan di beberapa ruas tol, di antaranya Gerbang Tol Utama Cikupa arah Merak dan exit arah Jakarta.

"Keadaan normal 16.745 kendaraan, realnya 19.295, selisihnya 2.250 dengan tren naik 15,2 persen. Exit arah Jakarta, normal 16.324 kendaraan, realnya yang melewati 19.670. Terjadi selisih 3.346, jadi trennya naik 20,4 persen," ucap Gatot.

Sementara Gerbang Tol Merak arah Jakarta, normalnya adalah 2.261. Sedangkan realnya saat ini ada 4.196, selisih 1.935 dengan tren kenaikan sebesar 85,5 persen. Terakhir, untuk exit arah Merak normalnya 2.317, real 5.099 selisih 2.782, tren kenaikannya sebesar 120 persen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.