Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Mobil Listrik Akan Jadi Kendaraan Para Delegasi KTT G20

Kompas.com - 27/04/2022, 16:12 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil listrik akan menjadi kendaraan utama para delegasi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali yang digelar Oktober-November 2022. Akan ada tiga model mobil listrik yang siap melayani.

Ketiga mobil tersebut adalah Hyundai Ioniq 5, Genesis G80, dan Toyota bZ4X. Berdasarkan informasi yang Kompas.com terima, sebagai kendaraan delegasi akan digunakan Genesis G80 sebanyak 123 unit, Hyundai Ioniq 5 sebanyak 226 unit dan Toyota bZ4X sebanyak 143 unit.

Baca juga: Ratusan Unit Mobil Listrik Toyota bZ4X, Jadi Kendaraan Delegasi G20

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), mengatakan, penggunaan mobil listrik bertujuan untuk mendukung komitmen pengurangan emisi karbon CO2, yang banyak dihasilkan oleh kendaraan bermotor.

Berikut spesifikasi mobil listrik yang akan digunakan selama KTT G20:

Hyundai IONIQ 5 di IIMS 2022KOMPAS.com - Donny Hyundai IONIQ 5 di IIMS 2022

Hyundai Ioniq 5
Ioniq 5 diklaim sebagai mobil listrik pertama yang diproduksi di Indonesia. Mobil ini dibuat di pabrik Hyundai yang berlokasi di Cikarang, Bekasi.

Ioniq 5 juga jadi mobil pertama Hyundai yang mengandalkan Electric Global Modular Platform (E-GMP). Dengan platform tersebut, salah satu kelebihannya adalah membuat kabin menjadi sangat lapang.

Baca juga: Polisi Pastikan Tak Ada Penutupan Jalan Selama G20 Berlangsung

Untuk dimensinya, mobil ini memiliki panjang 4.635 mm, lebar 1.890 mm, tinggi 1.605 mm, dan jarak sumbu rodanya 3.000 mm. Sedangkan untuk bobotnya, tercatat 2.370 kilogram.

Hyundai Ioniq 5 meluncur di IIMS Hybrid 2022Kompas.com/Donny Hyundai Ioniq 5 meluncur di IIMS Hybrid 2022

Hyundai menawarkan dua varian dengan masing-masing dua tipe, yakni Prime Standard Range, Prime Long Range, Signature Standard Range, dan Signature Long Range. Semuanya menggunakan sistem penggerak roda belakang atau rear wheel drive (RWD).

Mobil ini dibekali baterai lithium-ion dengan kapasitas 58 kWH untuk Standard Range yang dapat menempuh 384 km dan 72,6 kWh untuk Long Range dapat menempuh 451 km.

Ioniq 5 diklaim memiliki kemampuan akselerasi 7,4 detik untuk menempuh 0-100 km/jam. Sedangkan top speed, dapat tembus hingga 185 km/jam.

Electric Global Modular Platform yang digunakan Hyundai Ioniq 5Kompas.com/Donny Electric Global Modular Platform yang digunakan Hyundai Ioniq 5

Mobil ini bukan hanya ramah lingkungan karena tidak menghasilkan emisi. Tapi, material yang digunakan untuk beberapa bagian interiornya juga dibuat dari bahan alami, seperti jok kulit yang diwarnai menggunakan ekstraksi minyak tumbuhan dari biji rami.

Material jok terbuat dari botol plastik daur ulang yang disterilkan, dihancurkan, dan diparut menjadi serpihan plastik, yang selanjutnya dicairkan dan dipintal menjadi benang.

Hyundai Ioniq 5 meluncur di IIMS Hybrid 2022Kompas.com/Donny Hyundai Ioniq 5 meluncur di IIMS Hybrid 2022

Detail pada pintu IONIQ 5 terbuat dari 100% kertas HDPE yang dapat didaur ulang, kertas ini memiliki tekstur ringan yang sama dengan kertas tradisional Korea.

Untuk pengisian dapat cepat 350 kW, Ioniq 5 diklaim dapat mengisi baterai dari 10 persen hingga 80 persen dalam waktu 18 menit. Jadi, hanya butuh sekitar lima menit untuk dapat menempuh jarak hingga 100 kilometer.

Mobil listrik mewah Genesis G80netcarshow.com Mobil listrik mewah Genesis G80

Genesis G80
Merek premium Hyundai ini resmi berdiri sebagai sub brand sejak 2015. Sebelumnya, Genesis menjadi nama model sedan premium Hyundai.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com