Kompas.com - 27/04/2022, 17:11 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyediakan rest area atau tempat istirahat untuk pemudik di 41 lokasi Unit Pelaksana Penimbangan Kendaraan Bermotor (UPPKB) atau Jembatan Timbang.

Tersebar di Sumatera, Jawa, Bali dan NTB, hal tersebut sebagai upaya pemerintah menciptakan suasana mudik yang aman dan nyaman.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi mengungkapkan, rest area ini kerap kali digunakan oleh para pemudik motor untuk beristirahat, salah satunya di UPPKB Losarang, Indramayu, Jawa Barat.

Baca juga: Lalu Lintas Mulai Cair, Tol Layang MBZ Kembali Dibuka

Pemudik beristirahat di rest area UPPKB Losarang, Indramayu, Jawa BaratDokumentasi Kementerian Perhubungan Pemudik beristirahat di rest area UPPKB Losarang, Indramayu, Jawa Barat

"Kami memfasilitasi tempat peristirahatan bagi masyarakat yang melakukan perjalanan panjang atau untuk mudik," kata Budi dalam keterangannya, Selasa (26/4/2022).

Ia mengimbau seluruh pemudik untuk memperhatikan kondisi fisiknya saat mengemudi. Jika sudah lelah diharapkan segera beristirahat di rest area terdekat.

"Setiap perjalanan jika sudah selama 4 jam harus istirahat, mau capek atau tidak wajib istirahat,” ujarnya.

Menurut Budi, di rest area UPPKB Losarang, pada Senin (25/4/2022) sudah dikunjungi oleh 358 pemudik. Sebanyak 214 pemudik itu menggunakan sepeda motor.

Baca juga: Ini Pertimbangan Risiko Mudik Malam dan Siang Hari

Potret Lalu Lintas di Jalan Slamet Riyadi Kawasan Purwosari Kota Solo, Jawa TengahKOMPAS.COM/Fristin Intan Sulistyowati Potret Lalu Lintas di Jalan Slamet Riyadi Kawasan Purwosari Kota Solo, Jawa Tengah

Adapun rest area UPPKB Losarang tersedia beberapa fasilitas untuk para pemudik antara lain toilet, mushola, tempat istirahat, hiburan karaoke, kursi pijat, dan tempat bermain anak.

Selain itu, lanjut Budi, UPPKB Losarang juga menyediakan posko kesehatan yang siap melayani pemudik untuk cek kesehatan seperti periksa tensi, test antigen maupun layanan vaksinasi Covid-19.

"Kami juga sediakan sejumlah tempat tidur untuk masyarakat yang singgah beristirahat agar dapat fit kembali untuk meneruskan perjalanan,” katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.