Rekomendasi Rest Area di Tol Cipali buat Istirahat Perjalanan Mudik

Kompas.com - 27/04/2022, 13:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Mudik menggunakan mobil pribadi tidak terlepas dari melintasi jalan tol. Area peristirahatan atau rest area menjadi tempat yang sudah tidak asing lagi bagi pemudik dengan tujuan kampung halaman yang jauh.

Banyak yang menepikan kendaraan untuk singgah dan beristirahat karena telah melewati perjalanan yang panjang. Namun di musim mudik tahun ini, ada batasan waktu bagi pemudik yang istirahat di rest area.

Baca juga: Catat, Ini 4 Titik Rawan Macet di Puncak Bogor Selama Mudik

Pemudik yang beristirahat di rest area dibatasi dengan durasi maksimalnya 30 menit. Akan ada tim patroli yang bekerjasama dengan kepolisian untuk berkeliling mengingatkan pemudik yang beristirahat di rest area.

Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya penumpukan pemudik di rest area pembatasan waktu bagi pemudik yang hendak singgah.

Hal ini juga berlaku di Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali). Jalan yang di bangun 116,74 kilometer tersebut telah menjadi jalan bebas hambatan berbayar terpanjang yang menjadi bagian ruas Tol Trans-Jawa.

suasana rest area di tol CipaliJanlika Putri/ Kompas.com suasana rest area di tol Cipali

Tol Cipali menyediakan delapan tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) atau rest area, baik tipe A maupun B.

Untuk TIP tipe A menyediakan empat lokasi yaitu di KM 102 dan KM 166 arah Palimanan, serta KM 101 dan KM 164 arah Jakarta.

Ada delapan fasilitas yang tersedia di rest area tipe A yaitu toilet, kursi dan meja istirahat, mushola, kantin, kafe atau restoran.

Lalu, ada pula tempat perbelanjaan, Stasiun Pengisian Bahan Bakar (SPBU), Automatic Teller Machine (ATM), serta lahan parkir dengan kapasitas 700 kendaraan.

Baca juga: Polisi Antisipasi Kemacetan di Jalur Kalimalang Usai Buka Puasa

Sementara itu untuk rest area tipe B Tol Cipali menyediakan di empat lokasi yakni KM 86 dan KM 130 arah Palimanan, KM 86 dan KM 130 arah Jakarta.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.