3 Mobil Listrik Akan Jadi Kendaraan Para Delegasi KTT G20

Kompas.com - 27/04/2022, 16:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil listrik akan menjadi kendaraan utama para delegasi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali yang digelar Oktober-November 2022. Akan ada tiga model mobil listrik yang siap melayani.

Ketiga mobil tersebut adalah Hyundai Ioniq 5, Genesis G80, dan Toyota bZ4X. Berdasarkan informasi yang Kompas.com terima, sebagai kendaraan delegasi akan digunakan Genesis G80 sebanyak 123 unit, Hyundai Ioniq 5 sebanyak 226 unit dan Toyota bZ4X sebanyak 143 unit.

Baca juga: Ratusan Unit Mobil Listrik Toyota bZ4X, Jadi Kendaraan Delegasi G20

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), mengatakan, penggunaan mobil listrik bertujuan untuk mendukung komitmen pengurangan emisi karbon CO2, yang banyak dihasilkan oleh kendaraan bermotor.

Berikut spesifikasi mobil listrik yang akan digunakan selama KTT G20:

Hyundai IONIQ 5 di IIMS 2022KOMPAS.com - Donny Hyundai IONIQ 5 di IIMS 2022

Hyundai Ioniq 5
Ioniq 5 diklaim sebagai mobil listrik pertama yang diproduksi di Indonesia. Mobil ini dibuat di pabrik Hyundai yang berlokasi di Cikarang, Bekasi.

Ioniq 5 juga jadi mobil pertama Hyundai yang mengandalkan Electric Global Modular Platform (E-GMP). Dengan platform tersebut, salah satu kelebihannya adalah membuat kabin menjadi sangat lapang.

Baca juga: Polisi Pastikan Tak Ada Penutupan Jalan Selama G20 Berlangsung

Untuk dimensinya, mobil ini memiliki panjang 4.635 mm, lebar 1.890 mm, tinggi 1.605 mm, dan jarak sumbu rodanya 3.000 mm. Sedangkan untuk bobotnya, tercatat 2.370 kilogram.

Hyundai Ioniq 5 meluncur di IIMS Hybrid 2022Kompas.com/Donny Hyundai Ioniq 5 meluncur di IIMS Hybrid 2022

Hyundai menawarkan dua varian dengan masing-masing dua tipe, yakni Prime Standard Range, Prime Long Range, Signature Standard Range, dan Signature Long Range. Semuanya menggunakan sistem penggerak roda belakang atau rear wheel drive (RWD).

Mobil ini dibekali baterai lithium-ion dengan kapasitas 58 kWH untuk Standard Range yang dapat menempuh 384 km dan 72,6 kWh untuk Long Range dapat menempuh 451 km.

Ioniq 5 diklaim memiliki kemampuan akselerasi 7,4 detik untuk menempuh 0-100 km/jam. Sedangkan top speed, dapat tembus hingga 185 km/jam.

Electric Global Modular Platform yang digunakan Hyundai Ioniq 5Kompas.com/Donny Electric Global Modular Platform yang digunakan Hyundai Ioniq 5

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.