Kompas.com - 26/04/2022, 11:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mudik Lebaran akhirnya diizinkan kembali oleh pemerintah. Banyak di antaranya yang mudik menggunakan kendaraan umum dan meninggalkan kendaraan pribadinya di rumah.

Mudik Lebaran biasanya dilakukan selama beberapa hari. Agar tetap tenang meninggalkan mobil di rumah selama pulang ke kampung halaman, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelumnya.

Pertama, jaga kebersihan mobil sebelum ditinggal lama. Tidak hanya bagian luarnya saja yang perlu dibersihkan, tapi juga bagian dalamnya.

Baca juga: Ketahui Bahaya Pasang Roof Box di Mobil SUV Saat Mudik

Menurut Operation Manager Autospa Bekasi Ario Hadi, kotoran seperti noda dan debu bersifat akumulasi. Sebelum terlalu banyak, sebaiknya segera dibersihkan. Sebab, semakin tidak dirawat, maka akan semakin sulit juga nanti hilangnya.

Selain menjadi tempat parkir kendaraan, garasi juga dapat berfungsi sebagai ruang penyimpanan misalnya pemotong rumput, perkakas tanaman, peralatan dari kayu, dan bahkan perabotan dapur yang jarang digunakan.garagestorageutah.com Selain menjadi tempat parkir kendaraan, garasi juga dapat berfungsi sebagai ruang penyimpanan misalnya pemotong rumput, perkakas tanaman, peralatan dari kayu, dan bahkan perabotan dapur yang jarang digunakan.

“Seperti contoh, bila ada noda kecoklatan pada plafon mobil. Bagian tersebut sulit untuk dibersihkan, tapi bila tidak segera dilakukan tindakan, noda akan sulit hilang, hanya tersamarkan saja,” ujar Ario, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Owner Vertue Concept Edy mengatakan, untuk membersihkan bagian kabin mobil cukup menggunakan sabun bayi agar tak merusak interior.

“Selain mengandung pH yang seimbang, sudah terbukti kandungannya bisa menghilangkan bakteri,” kata Edy.

Baca juga: 5 Cara Menghindari Potensi Kecelakaan Saat Mudik Menggunakan Mobil

Caranya, yakni dengan memotong kecil-kecil sabun, kemudian diblender setelah itu bisa dicampur menggunakan air.

Ilustrasi garasi mobil.www.starcollisioncenters.net Ilustrasi garasi mobil.

“Penggunaannya juga mudah, cukup dilap-lap saja untuk menjaga interior dan untuk yang berbahan kulit juga aman menggunakan bahan ini,” ujar Edy.

Soal parkir, disarankan untuk tidak menggunakan rem tangan terlalu lama. Sebaiknya, diganjal saja bannya, karena berpotensi membuat sistem pengereman rusak.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.