Rest Area Cipali Sudah Mulai Ramai Disinggahi Pemudik

Kompas.com - 24/04/2022, 15:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah dua tahun Pemerintah melakukan pengetatan pada musim mudik Lebaran, tahun ini Presiden RI Joko Widodo memastikan bahwa masyarakat diperbolehkan melakukan aktivitas mudik Lebaran.

Diperkirakan ada 23 juta mobil dan 17 juta motor yang akan digunakan para pemudik.

Berdasarkan pantauan tim Merapah Trans Jawa 2022 Kompas.com pada etape pertama Jakarta-Semarang, Minggu (24/4/2022), rest area Cipali Km 166 sudah ramai dipadati pemudik.

Baca juga: Liputan Arus Mudik dan Wisata dalam Merapah Trans Jawa 2022

Untuk diketahui, rest area Cipali Km 166 merupakan rest area tipe A. Di mana untuk tipe rest area ini, terdapat fasilitas yang cukup lengkap, seperti pusat ATM dengan fasilitas isi ulang saldo kartu tol, toilet, klinik kesehatan, bengkel, warung atau kios, minimarket, mushola, SPBU, restoran, ruang terbuka hijau, dan sarana tempat parkir.

Rest area Km 86 CipaliKompas.com/ApridaMegaNanda Rest area Km 86 Cipali

Sebelumnya, tim redaksi pun sempat melipir ke rest area Cipali Km 86 A. Rest area tersebut merupakan tipe B, di mana fasilitas yang ditawarkan tidak selengkap rest area tipe A.

Pada rest area tipe B ini, fasilitas yang disediakan mulai dari ATM yang bisa isi ulang saldo kartu tol, toilet, warung atau kios, minimarket, mushola, restoran, ruang terbuka hijau, serta lahan parkir.

Rest area tipe B ini tidak memiliki SPBU permanen seperti tipe A. Namun, berdasarkan pantauan tim redaksi di lokasi terdapat Pertashop alias SPBU mini yang hanya menyediakan bahan bakar berjenis Dexlite dan Pertamax.

Pertashop di rest area Km 86Kompas.com/ApridaMegaNanda Pertashop di rest area Km 86

Baca juga: Daftar Harga Kirim Motor Pakai Kereta Api ke Wilayah Jawa Barat

Sebagai informasi, tim Merapah Trans Jawa 2022 akan melewati 17 ruas jalan tol sepanjang 867,38 kilometer yang membentang dari Jakarta di barat Pulau Jawa, hingga Probolinggo di timur Pulau Jawa

Merapah Trans Jawa kali kelima ini merupakan kolaborasi dengan Suzuki Indomobil Sales sebagai sponsor utama, didukung oleh Bodrex, dan Intiwhiz International.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.