Bus AKAP Baru PO New Shantika, Kaca Tunggal dan Sekat Los

Kompas.com - 26/04/2022, 08:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjelang lebaran, beberapa operator menambah bus baru sebagai upaya menarik minat penumpang. Salah satunya seperti yang dilakukan PO New Shantika dengan merilis dua bus baru dari Karoseri Adiputro.

Dua bus tersebut menggunakan bodi Jetbus 3+ MHD yang dipasang ke sasis Mercedes Benz. Selain itu, MHD yang digunakan juga berbeda, yakni bergaya kaca tunggal alias Single Glass.

Warna dipilih yang PO New Shantika terkesan khas, karena menjadi operator yang tidak punya livery seragam. Jadi dua bus yang baru rilis ini berwarna ungu dan emas.

Baca juga: Cek Harga Tiket Bus Jakarta-Solo Mendekati Musim Mudik 2022

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Adiputro Wirasejati (@adiputro_official)

 

Uniknya ada pada bagian kabin bus, pertama adalah adanya sekat di bagian depan kabin. Sekat ini memisahkan antara kabin penumpang dengan pengemudi dan kru, jadi tidak terganggu selama perjalanan.

Biasanya, sekat buatan Adiputro punya tampilan yang sederhana dengan ukuran kaca yang kecil. Sehingga, pandangan penumpang ke arah depan jadi terhalang, namun berbeda dengan unit New Shantika.

"Sekat memang dibuat lebih lebar kacanya, permintaan dari Shantika," ucap Yohan Setiawan, Supervisor Finishing Bus Karoseri Adiputro kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Estimasi Biaya Mudik Jakarta-Surabaya Pakai Suzuki XL7, Siapkan Rp 1 Jutaan

Kabin Bus AKAP baru PO new ShantikaDOK. ADIPUTRO Kabin Bus AKAP baru PO new Shantika

Sekat model baru ini punya kaca yang besar, lebih panjang, jadi los. Begitu juga pada bagian pintu sekat, kaca yang digunakan juga panjang sehingga tidak menghalangi pandangan penumpang.

Untuk bagian kabin, bangku yang digunakan sudah dilengkapi dengan leg rest. Selain itu di bagian belakang sisi kiri bus juga dipasang toilet khusus untuk buang air kecil dan bisa digunakan ketika bus berjalan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.