Waspada Macet Saat Mudik, Begini Cara Cegah Mesin Overheat

Kompas.com - 19/04/2022, 09:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kegiatan mudik jelang Lebaran akhirnya diizinkan kembali. Pemerintah memprediksi akan ada 23 juta mobil yang melakukan perjalanan tersebut.

Dengan banyaknya kendaraan itu, maka kemungkinan besar macet di beberapa titik juga tidak terelakkan. Dalam kondisi macet, sering kali ditemui beberapa masalah pada mobil.

Baca juga: Begini Cara Benar Isi Air Radiator Mobil Sendiri

Salah satunya ketika temperatur mesin menjadi sangat tinggi dan mengalami overheat. Sehingga, mesin menjadi mogok dan tidak bisa dijalankan.

Lampu indikator suhu radiator pada mobilcarfromjapan.com Lampu indikator suhu radiator pada mobil

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor Didi Ahadi mengatakan, penyebab terjadinya overheat di mesin adalah malfungsi di sistem pendinginan, bisa dari bocor, kipas radiator mati, karat, dan lain-lain.

“Bocor sendiri bisa dari radiator, tutup radiator, selang-selang, water pump dan lainnya. Kebocoran ini biasanya dikarenakan radiator yang diisi air, sehingga menyebabkan karat,” ujar Didi, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Kenali Tanda-Tanda Radiator Mobil Bermasalah

Jika kipas radiator mati, maka pendinginan oli mesin tidak akan maksimal. Kipas radiator biasanya terdiri dari dua macam, elektrikal dan digerakkan oleh belt.

Ilustrasi radiator mobilcartreatments.com Ilustrasi radiator mobil

“Kalau yang elektrikal, kipas mati karena sudah usianya. Sedangkan kalau yang belt, lihat tegangannya dan kondisinya secara berkala, kalau sudah retak-retak, sebaiknya diganti” kata Didi.

Menurut Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Suparna, faktor lainnya yang menyebabkan mesin overheat adalah katup thermostat yang macet dalam kondisi menutup. Katup ini posisinya ada di saluran air pendingin antara mesin dan radiator.

Fan radiator di mobilStanly/Otomania Fan radiator di mobil

“Kalau thermostat macet, maka akan menutup aliran air pendingin sehingga mesin overheating karena tidak ada pendinginan,” ujar Suparna.

Selain itu, water pump juga bisa menjadi penyebab mobil mengalami overheat. Sebab, jika water pump mati atau macet, sirkulasi air pendingin berhenti. Kondisi ini mengakibatkan naiknya temperatur mesin, karena tidak ada air yang dipompa untuk mendinginkan mesin.

Jika diperhatikan, faktor penyebab mobil mengalami overheat sebagian besar berasal dari radiator. Untuk itu, komponen ini penting untuk diperhatikan kondisinya sebelum melakukan perjalanan mudik. Pembersihan serta penggunaan cairan radiator yang tepat juga termasuk langkah perawatan untuk membuat radiator tetap bekerja maksimal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.