Hindari Kucing Melintas, Avanza Tabrak Pohon dan Kios Warga

Kompas.com - 19/04/2022, 03:52 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Kecelakaan tunggal menimpa satu unit mobil Toyota Avanza yang sedang melintas di jalan raya Wayari, Desa Suli, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku, belum lama ini.

Kecelakaan itu bermula ketika pengemudi mobil berkendara dari arah Kota Ambon menuju Desa Tulehu. Tiba-tiba seekor kucing melintas di tengah jalan. Pengemudi mobil itu pun kaget dan refleks menghindar ke kiri agar tidak menabrak kucing tersebut.

Namun, karena panik, mobil tidak bisa dikendalikan hingga akhirnya menabrak pohon dan kios warga yang berada di sekitar lokasi.

Baca juga: Cara Pasang Segitiga Pengaman yang Benar di Bahu Jalan Tol

“Korban ini kaget ada kucing yang melintas di jalan, jadi dia menghindar,” ucap Kasubag Humas Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease, Ipda Moyo Utomo, dikutip dari Kompas.com, Senin (18/4/2022).

Akibat tabrakan tersebut, bagian depan mobil mengalami rusak parah.

Training Director Safety Defensive Consultant Sony Susmana mengatakan, ada banyak pengemudi yang refleks ketika ada binatang melintas di depannya. Tidak sedikit dari mereka yang menghindar, padahal harus lebih spesifik lagi jenis binatangnya.

“Apabila kecil seperti anjing atau kucing, tidak apa-apa jika ditabrak, karena menghindar justru bisa membuat kondisi kendaraan hilang kendara dan berakibat fatal seperti kejadian tersebut,” ucap Sony.

Ilustrasi kucing peliharaan telantar di Perancis.GETTY IMAGES via BBC INDONESIA Ilustrasi kucing peliharaan telantar di Perancis.

Menurut Sony hal itu harus dibarengi dengan mengurangi kecepatan sebelumnya dan pastikan objek tersebut posisinya ada di kolong mobil bukan dilindas ban.

“Gagal antisipasi menghindar akibat kecepatan kendaraan terlalu tinggi dan kurang perhitungan pengemudi sering terjadi. Banyak yang tidak memikirkan hal terburuk adanya objek yang ada di jalan raya. Berbeda cerita kalau kecepatannya rendah, antisipasi bisa terkontrol,” kata dia.

Selain itu, ada mitos yang beredar di dunia otomotif. Konon, melindas atau menabrak kucing bisa membuat celaka pengendara yang menabraknya. Jika tidak ingin celaka, pengendara tersebut harus mengubur kucing yang mati ditabraknya menggunakan baju yang sedang dipakai pengemudi saat itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.