Cara Mengurangi Risiko Truk Kecelakaan di Jalan Tol

Kompas.com - 19/04/2022, 07:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Belum lama ini terjadi kecelakaan yang menimpa drummer grup musik Debu Daud Abdullah Al Daood. Mobil yang dia tumpangi menabrak truk yang sedang melaju di Jalan Tol Pasuruan-Probolinggo, Sein (18/4/2022) dini hari.

Saat ini masih belum pasti apa penyebab sopir mobil yang ditumpanginya menabrak truk yang sedang melaju. Selain itu, setelah mobil menabrak, truk pun langsung tancap gas meninggalkan lokasi kejadian.

Kemungkinan terjadinya mobil menabrak bagian belakang truk sebenarnya ada banyak, salah satunya adalah truk yang tidak terlihat. Mengingat ketika di jalan tol, penerangan jalan memang agak kurang ditambah truk yang lampu belakangnya mati.

Baca juga: Daimler Tambah Model Truk yang Dirakit di Pabrik Wanaherang

Pemasangan stiker pemantul cahaya pada perangkat RUP trukTribun Jateng/Permata Putra Sejati Pemasangan stiker pemantul cahaya pada perangkat RUP truk

Senior Investigator Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Ahmad Wildan mengatakan, lampu belakang truk di ruas tol kadang menjadi salah satu masalah yang mengakibatkan kecelakaan.

Truk seringkali tidak terlihat, karena lampunya sudah kusam atau bahkan sudah mati,” ucap Ahmad dalam acara kuliah telegram belum lama ini.

Sayangnya, ketika pengujian kendaraan bermotor, hanya lampu depan saja yang diuji kuat pancar cahayanya, yang belakang tidak. Hal ini lah yang menyebabkan truk menjadi tidak terlihat di jalan tol saat malam hari.

Baca juga: Panther Diduga Timbun Solar, Tampung 466 Liter Sekali Isi Rp 2,4 Juta

“Untuk itu, langkah Ditjen Darat untuk memasang stiker reflektor pada truk perlu didukung oleh semua pihak,” kata Ahmad.

Jadi walaupun kondisi jalan yang gelap, stiker reflektor atau pemantul bisa membantu memantulkan cahaya, sehingga pengemudi yang akan menyalip, tahu sisi terluarnya dari truk tersebut.

Pemasangan stiker pemantul ini juga sudah sesuai dengan PP Nomor 55 Tahun 2012. Setiap kendaraan bermotor yang dioperasikan di jalan raya harus memenuhi persyaratan teknis yang salah satunya dilengkapi dengan alat pemantul cahaya.

Namun sayang, masih saja ditemui truk-truk tanpa dipasang stiker reflektor. Ada juga yang memasangnya namun tidak sesuai standar, sehingga daya pantul cahayanya kurang dan tetap tidak terlihat saat diberi cahaya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.