Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merek Pelumas Ini Luncurkan Produk Cairan Radiator

Kompas.com - 29/12/2021, 12:11 WIB
M. Adika Faris Ihsan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagian masyarakat Indonesia masih menganggap lumrah penggunaan air keran untuk mengisi radiator mobil. Padahal, air biasa yang umum mengandung zat logam berisiko membentuk karat dan korosi.

Namun, pentingnya cairan khusus radiator belum dipahami oleh semua orang. Abai akan pentingnya merawat radiator tentu berdampak pada kondisi kesehatan mesin, mengingat radiator berperan vital menjaga suhu mesin tidak melampaui ambang batas.

Valvoline sebagai pemasok pelumas dan layanan otomotif asal Amerika Serikat, meluncurkan dua produk radiator coolant alias cairan khusus untuk radiator, sebagai solusi agar pemilik mobil tidak lagi menggunakan air biasa untuk radiator kendaraannya.

Baca juga: Bocoran Suzuki Burgman 150, Calon Pesaing PCX 160 dan NMAX 155

Produk baru tersebut bernama Valvoline Long Life Coolant dan All Weather Coolant. Keduanya merupakan produk siap pakai yang dilengkapi Organic Acid Technology (OAT), non-silikat, non-amina, non-nitrit, dan non-borat. Dua coolant ini juga sudah memenuhi standar spesifikasi light duty coolant ASTM 3306.

Produk cairan coolant dari ValvolineSanjay Sakaria Produk cairan coolant dari Valvoline

“Dengan teknologi OAT, produk coolant Valvoline dapat memberikan jangka waktu proteksi lebih lama pada kendaraan. Untuk Long Life Coolant dapat memberikan proteksi hingga lima tahun atau 250.000 km, sedangkan All Weather Coolant dapat memberikan proteksi hingga tiga tahun atau 150.000 km,” kata Shehan Perera, Country Manager PT Valvoline Lubricants and Chemicals Indonesia, Rabu (29/12/2021).

Ditujukan bagi kendaraan ringan, produk coolant Valvoline punya kemampuan mentransfer panas dari mesin, mencegah pendidihan dan pembekuan, serta melubrikasi pompa radiator dan cocok dengan berbagai logam dan karet atau seal.

Baca juga: Belajar dari Insiden Spion Mobil Dirusak Paspampres, Ini Kendaraan yang Dapat Prioritas

Kinerja Valvoline Long Life Coolant dan All Weather Coolant didukung tiga komponen utama yang memberikan proteksi ekstra pada radiator kendaraan, yakni air demineralisasi, Gycol atau zat kimia untuk meningkatkan titik didih dan menurunkan titik beku, serta zat kimia tambahan lain seperti corrosion inhibitor.

“Titik didih air mineral sekitar 100 derajat celcius. Coolant harus punya titik didih di atas air. Di sini lah fungsi Glycol dalam cairan coolant. Long Life Coolant mengandung Ethylene Glycol (EG) 50 persen, sedangkan dalam All Weather Coolant mengandung 30 persen. Titik didih coolant dengan 50 persen EG dapat mencapai 128 derajat celcius,” ujar Shehan menjelaskan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com