Performa Jeep Compass di Dalam Kota dan Rasa Berkendara

Kompas.com - 14/04/2022, 10:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Jeep Compass merupakan kendaraan kelas SUV Premium yang dijual Jeep Indonesia. Memiliki banderol Rp 820 jutaan, membuat Compass akan bersaing melawan BMW X1 dan Mercedes Benz GLA.

Soal tampilan eksterior, Compass punya desain yang SUV sekali walaupun tidak se-gagah Wrangler maupun Cherokee. Tetapi cukup menarik perhatian saat mengemudikannya di jalanan karena populasinya yang tergolong sedikit di jalan.

Soal interiornya, tentu Compass punya kabin yang dipenuhi dengan berbagai bahan premium. Misalnya bahan kulit dan soft touch bisa ditemui pada door trim, dashboard, dan bangku. Belum lagi di atap ada panoramic roof yang besar.

Baca juga: Interior Jeep Compass Terasa Nyaman dan Ergonomis

Jeep CompassKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Jeep Compass

Membahas rasa berkendaranya, kalau di bawa ke perkotaan, Compass punya dimensi yang kompak. Artinya, mobil terasa tidak terlalu besar sehingga tidak ragu saat dibawa bermacet-macetan, apalagi masuk ke jalan yang sempit.

Selain itu, untuk visibilitasnya bisa dibilang relatif baik. Untuk orang dengan postur 177 cm, visibilitas ke luar sangat baik, pilar A tidak terlalu menghalangi dan melirik ke belakang lewat spion juga aman, mengingat kaca belakangnya yang lebar.

Relatif baik di sini maksudnya adalah bangku Compass bisa diatur sesuai dengan tinggi badan pengemudi. Apalagi penyetelannya sudah elektrik, bisa diatur sesuka pengemudi untuk mendapatkan visibilitas yang maksimal.

Baca juga: Motor Listrik NIU Mengaku Catat Pertumbuhan Positif pada Q1 2022

Kabin Jeep CompassKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Kabin Jeep Compass

Sebelum membahas performanya, ada satu hal yang redaksi kurang suka saat mengemudikan Compass, yakni sistem kunci pintunya. Jeep Compass tidak punya fitur auto lock ketika mulai mengemudi, hanya ada fitur auto unlock.

Jadi, ketika mulai berjalan, pintu tidak akan mengunci selama tidak ditekan lock-nya. Namun akan terbuka kuncinya ketika pintu pengemudi dibuka maupun ketika mesin dimatikan.

Perlu diingat juga, Jeep adalah merek Amerika, ada beberapa perbedaan dengan mobil Jepang pada umumnya mengenai posisi tuas wiper dan sein yang tertukar.

Baca juga: Mercy Tabrak Pembatas Jalan Akibat Sopir Mengantuk

Posisi tuas lampu sein dan wiper Jeep CompassKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Posisi tuas lampu sein dan wiper Jeep Compass

Jika di mobil Jepang, tuas wiper ada di kiri setir, sedangkan di Compass, ada di kanan, begitu juga dengan tuas lampu sein yang biasanya di kanan (Jepang) sedangkan Compass di kiri.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.