Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Performa Jeep Compass di Dalam Kota dan Rasa Berkendara

Kompas.com - 14/04/2022, 10:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jeep Compass merupakan kendaraan kelas SUV Premium yang dijual Jeep Indonesia. Memiliki banderol Rp 820 jutaan, membuat Compass akan bersaing melawan BMW X1 dan Mercedes Benz GLA.

Soal tampilan eksterior, Compass punya desain yang SUV sekali walaupun tidak se-gagah Wrangler maupun Cherokee. Tetapi cukup menarik perhatian saat mengemudikannya di jalanan karena populasinya yang tergolong sedikit di jalan.

Soal interiornya, tentu Compass punya kabin yang dipenuhi dengan berbagai bahan premium. Misalnya bahan kulit dan soft touch bisa ditemui pada door trim, dashboard, dan bangku. Belum lagi di atap ada panoramic roof yang besar.

Baca juga: Interior Jeep Compass Terasa Nyaman dan Ergonomis

Jeep CompassKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Jeep Compass

Membahas rasa berkendaranya, kalau di bawa ke perkotaan, Compass punya dimensi yang kompak. Artinya, mobil terasa tidak terlalu besar sehingga tidak ragu saat dibawa bermacet-macetan, apalagi masuk ke jalan yang sempit.

Selain itu, untuk visibilitasnya bisa dibilang relatif baik. Untuk orang dengan postur 177 cm, visibilitas ke luar sangat baik, pilar A tidak terlalu menghalangi dan melirik ke belakang lewat spion juga aman, mengingat kaca belakangnya yang lebar.

Relatif baik di sini maksudnya adalah bangku Compass bisa diatur sesuai dengan tinggi badan pengemudi. Apalagi penyetelannya sudah elektrik, bisa diatur sesuka pengemudi untuk mendapatkan visibilitas yang maksimal.

Baca juga: Motor Listrik NIU Mengaku Catat Pertumbuhan Positif pada Q1 2022

Kabin Jeep CompassKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Kabin Jeep Compass

Sebelum membahas performanya, ada satu hal yang redaksi kurang suka saat mengemudikan Compass, yakni sistem kunci pintunya. Jeep Compass tidak punya fitur auto lock ketika mulai mengemudi, hanya ada fitur auto unlock.

Jadi, ketika mulai berjalan, pintu tidak akan mengunci selama tidak ditekan lock-nya. Namun akan terbuka kuncinya ketika pintu pengemudi dibuka maupun ketika mesin dimatikan.

Perlu diingat juga, Jeep adalah merek Amerika, ada beberapa perbedaan dengan mobil Jepang pada umumnya mengenai posisi tuas wiper dan sein yang tertukar.

Baca juga: Mercy Tabrak Pembatas Jalan Akibat Sopir Mengantuk

Posisi tuas lampu sein dan wiper Jeep CompassKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Posisi tuas lampu sein dan wiper Jeep Compass

Jika di mobil Jepang, tuas wiper ada di kiri setir, sedangkan di Compass, ada di kanan, begitu juga dengan tuas lampu sein yang biasanya di kanan (Jepang) sedangkan Compass di kiri.

Memang ketika awal mengemudi, butuh adaptasi mengenai posisi tuas lampu sein dan wiper yang tertukar ini. Untuk tuas lampu, posisinya ada di dashboard, tepatnya di sebelah kanan setir.

Hal unik lainnya dari Compass ini adalah posisi audio steering switch yang ada di balik kemudi, bukan di depan. Jadi di bagian kiri setir ada pengaturan MID dan di kanan cruise control.

Baca juga: Ini Letak Kabel Mobil yang Sering Digigit Tikus

Audio Steering Switch Jeep CompassKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Audio Steering Switch Jeep Compass

 Kalau mau menambah atau mengurangi volume audio, coba raba dengan jari tangan kiri di balik setir, begitu juga di sisi kanan untuk mengganti chanel atau lagu selanjutnya. Awalnya memang bingung posisinya, tapi ketika sudah tahu, ternyata ergonomis juga peletakan tombolnya.

Sekarang membahas soal performanya, ketika dibawa di dalam kota, di tengah kondisi yang beragam seperti jalan macet atau lancar, mesin 1.4 liter turbo milik Compass memberikan performa yang baik.

Namun, satu catatan yang dirasakan redaksi adalah ketika kondisi stop and go di kemacetan, untuk membuat mobil bergerak terasa agak berat. Jadi pengemudi harus menekan gas sedikit lebih dalam.

Baca juga: Alasan Kenapa Tikus Gemar Masuk Ruang Mesin Mobil

Jeep CompassKOMPAS.com/ADITYO WISNU Jeep Compass

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com