Calya-Sigra Kuasai Pasar LCGC Maret 2022

Kompas.com - 14/04/2022, 10:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pertumbuhan pasar kendaraan bermotor roda empat hemat energi dan harga terjangkau (KBH2) atau biasa dikenal Low Cost Green Car (LCGC) di dalam negeri selama Maret 2022 melambat.

Hal tersebut, sebagaimana data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia, terlihat dari turunnya angka penjualan dibanding satu bulan sebelumnya sebesar 10,3 persen atau 12.920 unit menjadi 11.705 unit.

Padahal dalam periode terkait, pemerintah masih memperpanjang masa pemberian insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) penuh atau 100 persen selama Januari-Maret 2022.

Baca juga: Sambut Mudik Lebaran 2022, Ini Pilihan Mobil Bekas Rp 100 Jutaan

Segmen LCGC.Stanly/KompasOtomotif Segmen LCGC.

Meski demikian, penguasaan pasar atau market share dari LCGC masih terjaga sebesar 20 persenan, salah satu yang paling besar selain LMPV dan LSUV.

Lebih jauh, penjualan tertinggi pada segmen ini diisi oleh Toyota Calya dan Daihatsu Sigra dengan masing-masing catatan penjualan 3.521 unit serta 2.731 unit.

Kondisi tersebut seiring pertumbuhan penjualan yang signifikan daripada satu bulan sebelumnya. Kala itu, penjualan Calya ialah 2.522 unit dan Sigra 2.473 unit.

Adapun pemimpin pasar LCGC sebelumnya, Honda Brio Satya kini berada di posisi ketiga setelah mengalami penurunan penjualan 63 persen alias dari 4.114 unit menjadi 2.523 unit.

Baca juga: Rapor Penjualan Mobil Baru Maret 2022, Torehkan Hasil Positif

Ilustrasi jajaran produksi Daihatsu di segmen LCGC (Low Cost Green Car) atau mobil murah.DOK. ASTRA DAIHATSU MOTOR Ilustrasi jajaran produksi Daihatsu di segmen LCGC (Low Cost Green Car) atau mobil murah.

Kemudian posisi selanjutnya, konsisten diisi oleh Toyota Agya (1.649 unit) dan Daihatsu Ayla (1.281 unit). Secara keseluruhan, kedua mobil ini pun fluktuatif, tidak banyak perubahan.

Sebagai informasi, saat ini segmen LCGC memang hanya diisi oleh 3 pabrikan dengan 5 model mobil saja.

Sebelumnya LCGC bisa dikatakan cukup ramai berkat adanya Suzuki Karimun Wagon R dan Datsun Go. Sayangnya mobil-mobil tersebut terpaksa disetop penjualannya.

Berikut daftar LCGC terlaris di dalam negeri per-Maret 2022:

1. Toyota Calya: 3.521 unit
2. Daihatsu Sigra: 2.731 unit
3. Honda Brio Satya: 2.523 unit
4. Toyota Agya: 1.649 unit
5. Daihatsu Ayla: 1.281 unit

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.