Catat Jadwal dan Lokasi One Way di Jalan Tol Saat Arus Mudik Lebaran

Kompas.com - 14/04/2022, 07:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Dengan prediksi jumlah pemudik yang melintas jalur tol membeludak, Kakorlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi mengatakan, bakal menerapkan dua skema rekayasa lalu lintas, yakni one way dan ganjil genap.

Puncak arus mudik sendiri diperkirakan terjadi tiga hari, yakni dari 29-30 April dan 1 Mei 2022. Sementara one way dan ganjil genap diterapkan dari Km 47 Tol Jakarta-Cikampek sampai Gerbang Tol Kalikangkung, tepatnya pada Km 414.

Namun demikian, sebagai mitigasi lonjakan volume kendaraan pemudik di awal, Firman menjelaskan penerapan one way dilakukan sejak satu hari sebelumnya, atau pada 28 April.

"Secara teknis saya sampaikan, one way pada hari Kamis (28/4/2022) mulai pukul 17.00 WIB sampai 24.00 WIB, mulai dari Km 47 Tol Jakarta-Cikampek sampai Km 414 Gerbang Tol Kalikangkung, cukup panjang," ujar Firman, saat konferensi pers penandatanganan Surat Keputusan Bersama (SKB) terkait Pengaturan Lalu Lintas selama Angkutan Lebaran Tahun 2022, Rabu (13/4/2022).

Baca juga: Alternatif Mudik Lebaran, Jalur Pansela Sudah Terhubung 1.242 Km

"Jadi bagi masyarakat yang akan memanfatkan hari Kamis, saya harap yang menuju arah Timur langsung mengambil lajur kanan saat menuju Km 47, dan memanfatkan jalur B atau yang biasa digunakan untuk arah Jakarta," katanya.

Sementara itu, untuk masyarakat yang akan mengarah ke Bandung, Firman meminta agar tetap berada di jalur normal sehingga pada Km 66 bisa langsung masuk ke Cipularang.

Berikutnya pada 29 April, penerapan satu arah dan ganjil genap di Km 47 Tol Jakarta-Cikampek hingga Kalikangkung dimulai sejak pukul 07.00 WIB hingga 24.00 WIB

Demikian juga pada 30 April, dari pukul 07.00 WIB sampai 24.00 WIB akan diterapkan one way di titik yang sama.

Sedangkan pada 1 Mei, Firman memprediksi kepadatan lalu lintas pemudik di jalan tol tidak akan seperti pada hari-hari sebelumnya.

Baca juga: Boleh Mudik, Honda Percepat Suplai All New BR-V

"Mulai masuk 1 Mei, tidak akan sepanjang hari sebelumnya. One way kami berlakukan dari pukul 07.00 WIB-12.00 WIB. Mudah-mudahan kalau semakin lancar, yang tadinya sampai pukul 24.00 WIB bisa dipercepat tergantung kondisi di lapangan," ucap Firman.

Tol layang MBZ Jakarta-CikampekJASA MARGA Tol layang MBZ Jakarta-Cikampek

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.