Motor Listrik NIU Mengaku Catat Pertumbuhan Positif pada Q1 2022

Kompas.com - 13/04/2022, 07:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comNIU merupakan salah satu merek motor listrik ternama asal China. Tren kendaraan listrik dunia telah membuat penjualan merek ini melonjak signifikan dari sebelumnya.

Dilansir dari Ride Apart (13/4/2022), di negara asalnya China, serta di Eropa, NIU telah membukukan penjualan yang positif pada Q1 (kuartal pertama) tahun 2022.

Dari Januari hingga Maret 2022, secara global NIU disebut berhasil menjual 163.659 unit. Capaian ini meningkat 9,4 persen dibandingkan kuartal pertama 2021.

Baca juga: Antisipasi Kepadatan Mudik, Polisi Siapkan Skema Ganjil Genap sampai One Way

Ilustrasi motor listrik NIU Gova 03KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Ilustrasi motor listrik NIU Gova 03

Di China, yang merupakan pasar terbesar, NIU menjual 148.987 unit kendaraan listrik, atau meningkat 3 persen dibandingkan Januari sampai Maret 2021.

Sementara di Eropa, pada kuartal pertama 2022, NIU menjual sebanyak 14.672 unit. Peningkatan NIU di pasar internasional didorong oleh permintaan yang kuat untuk kick scooter.

Seperti diketahui, beberapa kota besar di Eropa sangat mendorong peralihan ke mobilitas listrik. Apalagi dengan rencana pelarangan mobil dan sepeda motor di pusat kota dalam waktu dekat.

Baca juga: Naik Bus KG Trans dari Jakarta ke Denpasar, Tarif Rp 500.000

Tercatat, penjualan kick scooter di pasar global telah mencapai 9.833 unit pada Januari-Maret 2022. Sedangkan e-motorcycles dan moped pada saat yang sama meraih 4.839 unit.

Data ini menarik, bukan hanya untuk kepentingan NIU, tetapi juga untuk industri EV secara keseluruhan.

Memang, penjualan sepeda motor listrik masih jauh dari capaian motor konvensional. Tapi kendaraan listrik berkapasitas kecil dengan cepat mengisi kebutuhan mobilitas masyarakat di negara-negara maju.

Baca juga: Alasan Kenapa Kick Starter Banyak Absen di Motor Keluaran Baru

NIU NQI Sport KOMPAS.com/Gilang NIU NQI Sport

Sebagai informasi, NIU saat ini memiliki total sepuluh model, termasuk kick scooter, sepeda, dan empat motor listrik yaitu NQi, MQi, UQi, dan Gova.

Sementara di Indonesia, NIU dibawa oleh PT Utomo International (Utomocorp). Agen pemegang merek (APM) yang juga menaungi merek lain seperti Royal Alloy, Italjet dan Energica.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.