Motor Adu Banteng dengan Pikap, Ingat Lagi Bahaya Menyalip Sembarangan

Kompas.com - 07/04/2022, 09:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat berkendara sepeda motor, ada beberapa keadaan yang memaksa pengendara sepeda motor untuk menyalip atau mendahului kendaraan yang berada di depannya.

Namun, menyalip juga bukannya tanpa pertimbangan. Khususnya jika berkendara di jalan dua jalur. Ada risiko besar pengendara sepeda motor menghantam kendaraan lain dari arah berlawanan, jika menyalip tidak dilakukan dengan pertimbangan.

Seperti yang terjadi di Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, Jawa Timur, baru-baru ini. Satu unit sepeda motor menabrak mobil pikap dari berlawanan arah saat sedang menyalip.

Baca juga: Aksesori Campervan di Mobil Suzuki Bisa Dibeli di IIMS 2022

Dikutip dari Regional.Kompas.com, Kanit Laka Polres Malang Iptu Sunarko menjelaskan bahwa pengendara sepeda motor tersebut hendak mendahului pikap di depannya. Namun saat menyalip, sepeda motor tersebut berada terlalu ke kanan.

Dari arah berlawanan, melaju mobil pikap. Karena jarak terlalu dekat, kedua pengendara tidak sempat mengerem kendaraannya sehingga akhirnya terjadi tabrakan.

Akibat peristiwa tersebut, pengendara motor tersebut meninggal, sementara pengemudi pikap mengalami luka bentur yang cukup parah.

Peristiwa ini bukanlah yang pertama kali terjadi. Adu banteng antara motor dengan mobil sudah kerap terjadi, akibat menyalip tanpa pertimbangan yang baik.

Ilustrasi kecelakaan lalu lintas.GAS2.org Ilustrasi kecelakaan lalu lintas.

Founder Jakarta Defensive Driving Consulting menjelaskan bahwa menyalip merupakan kegiatan yang membahayakan. Ada tiga faktor, yaitu pandangan ke depan, kecepatan dan mengambil lajur berlawanan.

Ia memaparkan, bahwa saat akan menyalip, bidang pandang kita sebagai pengemudi terhalang kendaraan di depan. Kemudian, kecepatan kita lebih tinggi dari kendaraan yang mau disalip. Dan saat akan menyalip di jalan dua lajur, pastinya kita akan menggunakan lajur lawan.

Ada tiga hal yang perlu diperhatikan sebelum menyalip, yaitu rumus PDA; Penting, Dibenarkan, dan Aman.

Baca juga: Bayar Pajak Kendaraan Pakai Aplikasi Signal Tak Perlu Stiker Pengesahan

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.